11 NEGARA IKUTI TURNAMEN 6 TH JOHOR INTERNATIONAL CHESS CHALLENGER OPEN 2019, NURDIN SIMANJUNTAK SABET JUARA SATU

Johor, Infonusantara.co.id – Turnamen catur yang di selenggarakan oleh JCA (Johor Chess Association) pada tanggal 2 – 7 Desember 2019 di Johor, Malaysia diikuti oleh 9 negara dengan total seluruh peserta yang mengikuti turnamen tersebut sebanyak 81 (delapan puluh satu) orang. Turnamen yang bertajuk 6th Johor International Chess Challenger Open 2019 diikuti oleh negara Malaysia, Singapura, Chilie, Swiss, Inggris, Francis, Vietnam, India, China, Australia, dan Indonesia.

Indonesia sendiri mengirim delegasinya untuk mengikuti turnamen tersebut, salah satunya adalah Nurdin Simanjuntak. Keberangkatan Nurdin Simanjuntak ke Malaysia di dukung oleh pengurus cabang Percasi (Persatuan Catur Seluruh Indonesia) Dr. Herman Rozie selaku ketua Percasi Cabang Kota Batam.

“Keberangkatan Nurdin Simanjuntak sebenarnya didasarkan oleh segudang prestasi yang pernah didapatkan oleh beliau dalam turnamen catur di Indonesia” ujar Dr. Herman Rozie kepada wartawan setelah memberangkatkan Nurdin bertolak ke Johor, Malaysia. Menurut Herman, Nurdin Simanjuntak adalah salah satu pecatur berbakat yang dimiliki oleh Percasi Kota Batam.

Segudang prestasi pernah beliau toreh saat bergabung dengan organisasi Percasi yang membesarkan namanya.Nurdin Simanjuntak pernah menyabet gelar juara umum pada Liga Kepri pada tahun 2017 dan pada 2018 kembali menoreh juara umum pada turnamen yang sama, selanjutnya turnamen catur unik pada tahun 2016 dan tahun 2018 keluar sebagai juara satu, serta pernah memborong 2 mendali emas pada Porvrop pada tahun 2018

Keterangan : Nurdin Simanjuntak saat mendapatkan juara 1 pada turnmaen yang diselenggarakan di Kota Batam

Keberangkatan Nurdin sendiri ke Malaysia dalam mengikuti turnamen tersebut berbuah manis. Nurdin Simanjuntak berhasil mendapatkan juara satu kategori Challenger setelah membukukan poin sebanyak 7 ½  poin. Kemenangan Nurdin Simanjuntak tentu menjadi kabar yang baik dan mencatat rekor barunya sebagai pecatur nasional yang berhasil menambah koleksi kemenangan dari luar negeri.

Keterangan : Hasil akhir pada ronde ke 9 di turnamen yang di selenggarakan oleh JCA

Kemenangan Nurdin Simanjuntak dalam pertandingan tersebut, semakin memantapkan semangat pecatur tersebut dalam mengikuti pertandingan  selanjutnya. Sebab, berdasarkan informasi yang diterima oleh wartawan Infonusantara, sosok yang ramah, murah senyum dan rendah hati ini akan mewakili Provinsi Kepulauan Riau dalam PON catur kategori perorangan yang di adakan pada tahun 2020 di Papua nanti. Harapannya, semoga Nurdin Simanjuntak dapat menorehkan prestasi dan membawa harum Provinsi Kepulauan Riau pada turnamen pada tahun 2020 nanti.

Dalam kesempatan, tidak lupa Nurdin mengucapkan terimakasih kepada Tuhan dan organisasi Percasi Kota Batam serta ketua Percasi Kota Batam bapak Dr Herman Rozie, yang telah menempah bakatnya menjadi pecatur yang professional dan mendukung segala perjuangannya selama mengikuti turnamen catur di tingkat daerah, nasional bahkan internasional. Nurdin berharap Percasi Kota Batam semakin besar terlebih saat diketuai oleh Herman Rozie. Nurdin yakin Percasi Kota Batam akan mampu melahirkan para pecatur yang professional, dan kaya akan prestasi.

(Alfon/Jati)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *