Nasional

Ahok Masih Bisa Menang Satu Putaran

Basuki Tjahaja Purnama
Basuki Tjahaja Purnama

infonusantara.co.id, Jakarta – Calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengajak pendukungnya untuk menang satu putaran pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) DKI 2017. Pengamat politik dari Universitas Indonesia (UI) Depok, Jabar, Arbi Sanit mengatakan, dirinya selalu memprediksi Ahok berhasil memenangkan Pilgub satu putaran. Namun, hal itu belum dibukanya pendaftaran.“Sebab sejak pendaftaran, suara sudah terbagi,” kata Arbi, Kamis (17/11).

Menurutnya, peluang Ahok-Djarot memenangkan Pilgub satu putaran agak kecil. “Agak sulit, agak berat untuk satu putaran. Perisitwa Ahok ini mirip dengan Hillary Clinton, saat FBI keluarkan surat ke kongres tentang kelanjutan pemeriksaan kasus email Hillary,” ujarnya.

Dia menyatakan, Pilgub berpeluang berlangsung dua putaran. Sebab, elektabilitas Ahok-Djarot faktanya masih sulit dikalahkan. “Sekalipun mengalami penurunan elektabilitas besar, tetapi yang lain kan tidak begitu menonjol naiknya,” ujarnya.

Meski begitu, menurutnya, masih terbuka kemungkinan Ahok-Djarot tetap memenangkan Pilgub dengan satu putaran. Syaratnya, dia menjelaskan, Ahok-Djarot harus berhasil meyakinkan golongan menengah. “Kecuali bisa yakinkan golongan menengah, generasi millenial yang selama ini dukung dukung.” “Kepentingan Ahok majukan Jakarta, ekonomi, sama dengan golongan menengah itu. Kalau itu bisa dipelihara, dijaga ya bisa menang satu putaran. Karena kelas menengah lebih 50 persen jumlahnya di Jakarta, itulah satu-satunya harapan.” Dia pesimistis peran partai politik (parpol) pengusung Ahok-Djarot bakal optimal. “Berat,” ucapnya.

Dia menuturkan, mesin parpol terkesan tidak bergerak jika dikaitkan dengan penolakan dan penghadangan kampanye Ahok-Djarot. “Rentetan penolakan di mana-mana, apa kerjanya partainya? Di kecamatan-kecamatan yang ditolak kan partai mestinya punya ranting, apa kerja ranting itu di sana,” tuturnya. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker