Breaking NEWS
21 August 2018

AJO Indonesia Natuna Terbentuk, Sekda Himbau Jurnalis Tingkatkan Profesionalisme

 

infonusantara.co.id, NATUNA – Asosiasi Jurnalis Online (AJO) Indonesia Cabang Natuna terbentuk. Secara aklamasi, terpilih Roy Sianipar sebagai ketua. Dengan terbentuk organisasi awak media di kabupaten tengah negara Asean ini, Roy beserta pengurusnya bersilahturahmi dengan Sekretaris Daerah Natuna Wan Siswandi, Jumat siang 9 Februari 2018.

Karena kepengurusan Ajo Indonesia Natuna cukup ramai, maka pertemuan terselenggara di ruang rapat utama Kantor Bupati Natuna. Wan Siswandi didampingi Kepala Badan Pengelola Keuangan, Pendapatan dan Aset Daerah Natuna R Dicky Kusniadi serta Kepala Sub Bagian Pemberitaan dan Publikasi Humas dan Protokol Setda Natuna Syamsul Anwar.

Dalam pertemuan, Roy mengatakan, dibentuknya Ajo Indonesia di Natuna, agar bisa mengakomodir berbagai kepentingan profesi, serta menjamin kebebasan pers dalam menjalankan tugas demi mendukung pembangunan Natuna, khususnya.

Selanjutnya wartawan senior itu menyampaikan informasi bahwa asosiasi ini berencana memenuhi undangan Rapat Kerja Ajo Indonesia yang akan terselenggara di Tanjungpinang pada 22 Februari 2018. Dalam undangan, panitia Raker mengharapkan kehadiran sepuluh pengurus dari setiap cabang Ajo-Indonesia dari Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepri.

Mengingat keterbatasan anggaran dimiliki asosiasi, sementara iuran pengurus belum berjalan, sehingga Ajo Indonesia Natuna berharap dukungan Pemerintah Kabupaten Natuna. “Kemungkinan Pak Sekda dapat memberi solusi,” kata Roy, dilansir dari humas.natunakab.go.id. “Agar perwakilan Ajo Indonesia Natuna bisa hadir dalam Raker nanti.”

Sekretaris Daerah Natuna Wan Siswandi sangat mengapresiasi terbentuknya Ajo-Indonesia di Natuna. Dengan kehadiran asosiasi ini dapat lebih meningkatkan kebersamaan, kekompakan dan profesionalitas para jurnalis dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat luas.

Namun, menyikapi harapan disampaikan AJO-Indonesia Natuna tentang dukungan Raker, Wan Sis -biasa disapa- mengatakan saat ini kondisi anggaran daerah masih belum stabil. Ditambah tak ada dana hibah seperti beberapa tahun lalu. Sehingga pemerintah daerah kesulitan memberi bantuan terutama bagi penguatan organisasi pers.

Tetapi mengingat Rakor dilaksanakan sekitar dua minggu mendatang, Wansis akan berkoordinasi dengan BPKPAD dan Bagian Humas dan Protokol Setda Natuna, agar segera memproses pencairan anggaran kerjasama media massa di Sekretariat Daerah Natuna. “Kita akan bantu pencairan kerjasama media,” katanya.

Sebelum mengakhiri pertemuan, Wan Sis sempat menerangkan tentang kesibukan Kepala Daerah melaksanakan kerja kedinasan di luar daerah. Supaya semua elemen masyarakat memahami, kerja kedinasan luar daerah, tak lain dalam upaya pelaksanaan pembangunan, baik melalui koordinasi dengan berbagai pihak, penetapan kerjasama dengan lembaga terkait dan berbagai urusan pemerintahan lainnya.

Untuk itu kepada seluruh jurnalis maupun segenap masyarakat, di harap selalu berprasangka baik dan mendoakan agar segala urusan kerja pimpinan daerah diberi kelancaran demi mewujudkan pembangunan Natuna lebih maju dan sejahtera.

Sedangkan, sempena Peringatan Hari Pers Nasional Tahun 2018, Wan Sis atas nama Pemerintah Kabupaten Natuna, berharap segenap jurnalis, khusus mengabdi di Natuna, agar terus memberi kontribusi dalam perannya sebagai kontrol sosial melalui pemberitaan informasi yang berimbang bagi mencerdaskan masyarakat. (*andi surya)