Breaking NEWS
18 June 2019

BAKESBANGPOL LINGGA GELAR RAKOR TIM TERPADU PENANGANAN KONFLIK SOSIAL

FOTO bersama usai acara

infonusantara.co.id, LINGGA – Bakesbangpol Lingga menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial Tahun 2019, di Hotel One, Dabo Singkep, Senin 27 Mei 2019. Hadir dalam acara, Bupati Lingga Alias Wello, Kapolres Lingga diwakili Kasat Intelkam Polres Lingga IPTU Prekdi Pakpahan, Bakesbangpol Provinsi Kepulauan Riau Elman Krisos, Kepala Bakesbangpol Lingga Armia dan lainnya.

“Saya ucapkan terimakasih kepada Tim Terpadu pada hari ini,” sambutan Armia, ketua panitia pelaksana kegiatan Rakor. “Semoga kita semua mendapatkan safaat dari Allah SWT di bulan suci ini.”

Menurut Armia, upaya Bakesbangpol Lingga dalam penanganan konflik dengan membentuk Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial di kabupaten ini, mengikuti kebijakan pemerintah pusat. Perannya, membantu kepala daerah, dengan melakukan peringatan dini, deteksi dini dan pencegahan dini konflik di daerah.

Rujukan dasar penyusunan rencana aksi tahun ini, berdasarkan Surat Kemendagri Nomor 900.02/6389/Polpum. Perihal, penyusunan R.A Prov Kab/Kota tahun 2019.

Paparan Kasat Intelkam Polres Lingga : Pihak Kepolisian akan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan akan melaksanakan Pembatasan jumlah Ranmor yang akan digunakan pada kegiatan pawai Takbir.

Diharapkan agar seluruh Instansi terkait untuk memberikan himbauan kepada Masyarakat terkait keselamatan berkendara dalam Pelaksanaan pawai Takbir.

Akan dibentuk Pos Pengamanan dengan seluruh Personil Pengamanan yang tidak hanya berasal dari Polri namun juga dari Instansi terkait.

Tidak menutup kemungkinan terkait dengan gugatan salah satu Capres ke MK dapat menimbulkan Kerusuhan di wilayah Kabupaten Lingga, sehingga perlu diwaspadai dan merupakan salah satu Potensi Konflik Sosial.

Penyampaian Kepala Dishub Lingga: Dishub Kabupaten Lingga bersama Instansi terkait akan mengantisipasi Potensi Konflik Arus Mudik dan Balik dengan mengumpulkan para Operator Angkutan Laut untuk dilakukan Penyesuaian terhadap jumlah tiket dan Kapasitas Maksimal Angkutan Laut.

Adapun penyampaian Bupati Lingga : Pemerintah daerah mendukung sepenuhnya kegiatan penanganan potensi konflik dari seluruh Instansi terkait.

Kamtibmas dan Kebersihan Lingkungan merupakan Prioritas utama dan merupakan tujuan dari Pembentukan Tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial untuk dilaksanakan dengan semaksimal mungkin.(*djoni)