Breaking NEWS
21 January 2019

Bakesbangpol Lingga Sosialisi Peraturan Organisasi Kemasyarakatan

 

infonusantara.co.id, LINGGA – Pemkab Lingga melalui di Bakesbangpol melaksanakan Sosialisasi Peraturan Perundang-undangan tentang Organisasi Kemasayarakatan dalam bentuk peran LSM dan Ormas terhadap birokrasi. Sosialisasi dilaksanakan di Gedung Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Dabo Singkep, Rabu 14 November 2018.

Narasumber acara, Badan Diklat Provinsi Jawa Timur Samidi, Kemendagri Baginda Ahmadsyah dan Kesbangpol Kepri Indra Saputra. Tampak hadir dalam acara, antara lain, Bupati Lingga diwakili Asisten II, Yusrizal, Ketua Tim Penggerak PKK Lingga Heryulita Alias Wello, Kepala Bakesbangpol Lingga Armia, Kapolres Lingga diwakili Kasat Intelkam Polres Lingga Iptu Preddy Pakpahan dan Danlanal Dabo Singkep diwakili Letda Laut (PM) Sunarto.

Bakesbangpol Lingga Armia dalam sambutan, mengatakan, dengan sosialisasi ini diharap dapat mengoptimalkan Potensi Kemasyarakatan di Lingga. Tujuannya, meningkatkan pembangunan Lingga, agar sejalan antara pemerintah daerah dengan organisasi kemasyarakatan itu.

Asisten II Setda Lingga Yusrizal dalam sambutan menyatakan, pemerintah daerah sangat memerlukan mitra kerja, seperti, Ormas, LSM dan OKP. Sehingga Sosialisasi Peraturan Perundang – undangan tentang Organisasi Kemasyarakatan dalam bentuk Peran LSM dan Ormas terhadap birokrasi di area globalisasi sangat diperlukan.

Tujuan Untuk meningkatkan komunikasi dengan organisasi kemasyarakatan untuk mewujudkan tata pemerintahan yang lebih baik. Organisasi masyarakat harus mampu berpesan sebagai pasilitator, Komunitor, dan Mutifator.

Kegiatan ini di fasilitasi oleh Pemerintah Kebupaten daerah untuk menyatukan visi dan misi melalui Kesbangpol dan Pemerintahan kab. Lingga
Pemkab memberikan Apresiasi kepada panitia pelaksana kegiatan Sosialisasi Peraturan Perundang – undangan tentang Organisasi Kemasayarakatan dalam bentuk Peran LSM dan Ormas terhadap birokrasidi area Gelobal.

Narasumber Penyampaian oleh Badan Diklat Provinsi Jawa Timur Prof Dr. Samidi, MN., M.Si tentang Peran Ormas dalam berbangsa dan bernegara, Peran Ormas dalam pembangunan
Organisasi Masyarakat adalah organisasi yang di dirikan dan di bentuk oleh masyarakat secara sukarela berdasarkan kesamaan aspirasi, kehendak, kebutuhan, kepentingan, dan Kegiatan.

Adapun tujuan pendirian ormas Pasal 5 UU Nomor 17 tahun 2013 yaitu meningkatkan partisipasi dan keberdayaan masyarakat, memberikan pelayanan kepada masyarakat, menjaga nilai agama dan kepercayaan terhadap Tuhan yang maha esa, melestarikan dan memelihara Norma, Nilai, Moral, Etika dan Budaya yang hidup di masyarakat, melestarikan sumber daya alam dan lingkungan hidup, mengembangkan Kesetiakawanan Sosial, gotong royong dan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, menjaga, memelihara, dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa dan mewujudkan kesatuan bangsa.
Optimalisasi tiga pilar plus antara tingkat Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Desa antara TNI, POLRI dan Kepemerintahan.

Sebagai Contoh Kegiatan Ormas di Jawa timur yaitu kegiatan Deklarasi yg berakhir Aman dan Nyaman, Deklarasi Memerangi Berita Hoax dan Deklarasi Pemilu Aman, Damai dan Sejuk Tahun 2019. (*djoni)

IKLAN ANDA

Iklan Google