Breaking NEWS
15 November 2018

Bintan Akan Melaju Pesat Imbangi Batam

Peta Kabupaten Bintan

infonusantara.co.id, Bintan – Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun memiliki prediksi ke depan terhadap Kabupaten Bintan, dimana predeksi tersebut  Kabupaten Bintan akan mengimbangi kemajuan Batam. Antara daerah di tapal batas Indonesia di Kepri hingga saat ini, Kota Batam untuk saat ini mash harus diakui menjadi daerah dengan pertumbuhan tertinggi.

Dimana kita ketahui kemajuan Kota Batam saat ini ditopang dengan adanya industri, ditambah lagi Walikota Batam ingin menjadikan Kota Batam sebagai salah satu kota Pariwisata.”Insya Allah, pelan-pelan ke depan Bintan ini akan tambah sukses dan maju.Moga cepat mengimbangi saudara kite, kota Batam,” kata Nurdin, Senin (1/1/2018), di Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan.

Menurut Nurdin, sebetulnya potensi Bintan tak berbeda jauh dengan Batam.Nurdin mencontohkan kawasan ekonimi khusus (KEK) Galang Batang di Kecamatan Gunung Kijang ditambah fasilitas free trade zone (FTZ) Bintan. Nurdin juga menyebut potensi pelabuhan dagang di Bintan yang perkembangannya sudah dimulai sejak zaman kerajaan.

Secara historis, Bintan merupakan kota bandar yang sudah ramai sejak dulu kala.
Pelabuhan alamnya sejak dulu sampai kini masih berfungsi.”Potensi ini masih terpendam, perlu upaya simultan agar terus maju,” kata Nurdin. Dua pelabuhan dimaksud adalah Tanjunguban dan Kijang.
        “Kalau Pak Jokowi ingin menjadikan Indonesia poros maritim, di Kepri. Bintan inilah tepatnya. Lautnya dalam, lokasinya strategis masuk dalam peta persilangan perdagangan dunia. Saya bahkan bilang, di sinilah titik sentral poros maritim itu,” kata Nurdin. Sebagai wilayah dengan basis laut dan perikanan, Bintan sangat pas dikembangkan dalam konsep wisata bahari.
         Model wisata bahari ini, menurut Nurdin, adalah pembeda dengan daerah wisata lain. Pembedaan itu layak dijual dan dibandingkan. “Kapal-kapal yacht bakal diundang ke sini, datang dari berbagai negara. Dari sisi udara, Bintan juga sedang mengembangkan bandara, itu semua potensi,” kata Nurdin. Di kesemapatan sama, Nurdin menyinggung jembatan Batam-Bintan.
 Proyek impian tersebut harus diwujudkan. Jika jadi, jalan di Bintan akan berkembang menjadi jalan strategis yang padat dengan volume kendaraan. (oka)

IKLAN ANDA

Iklan Google