BP3D Lingga Gelar FGD

 

infonusantara.co.id, LINGGA – Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP3D) Lingga menggelar Focus Group Discusion (FGD). FGD membahas rencana Pemkab Lingga, melakukan Integrasi Sistem Perencanaan ke dalam Pengelolaan Keuangan Daerah itu, terselenggara di aula Hotel Harmoni Batam, Jumat 23 Agustus 2019.

Sekda Lingga Juramadi Ersam dalam sambutan berharap, dengan kegiatan FGD, setiap OPD Pemkab Lingga dapat terus saling berkoordinasi dalam menyelesaikan suatu permasalahan, agar tercapai tujuan bersama, demi kepentingan masyarakat. “Tujuan utama setiap kegiatan Pemkab Lingga,” katanya. “Tetap utamakan kepentingan masyarakat.”

Asisten Pemerintahan Setda Lingga Rusli, selaku moderator menerangkan, dari hasil FGD, diperoleh kesimpulan, masih banyak perlu di benahi, diselesaikan, dibuat, bahkan ada yang belum direncanakan pada pelaksanaan Integrasi Sistem Perencanaan ke dalam Pengelolaan Keuangan Daerah.

Untuk mencapai pemerintahan lebih baik kedepan, Pemkab Lingga terlebih dahulu harus melakukan perbaikan dan penertiban terhadap ragam administrasi, dan baru melangkah lebih lanjut.

Pemkab Lingga juga harus berhati-hati, dan tidak melaksanakan pembangunan dalam bentuk apapun jika hal itu tidak direncanakan dan bukan wewenang daerah. Jadi, ketika mempertanggungjawabkan keuangan maupun kinerja, lebih mudah.

“Permasalahan ini tidak hanya lingkup daerah, lingkup desa tetap menjadi tanggungjawab bersama,” kata Rusli. “Sehingga saya, bersama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Kabag Pemerintahan, dan Camat dalam waktu dekat akan turun ke desa-desa. Karena desa, miniatur pemerintahan daerah.”

Sementara, tampak hadir dalam FGD, narasumber Integrasi Sistem Perencanaan dalam Sistem Pengelolaan Keuangan Daerah, H Dadang Suwanda, Dosen IPDN, spesifikas Bidang Keuangan, Audit dan Akuntansi Pemerintahan Daerah. Sampara Lukman, Direktur Program Pasca Sarjana IPDN. Ali Hanafiah Muhi, Wakil Direktur II Program Pasca Sarjana IPDN. Dua stafnya, Yudi Prihanto Santoso dan Febriansyah. (*djoni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *