Bupati Taput : Kita Tidak Ingin Pencairan Dana Desa Terlambat Sangsinya di Finalti

Nikson Nababan
Nikson Nababan

infonusantara.co.id, Tarutung – Kita tidak mau menahan proses pencairan dana desa, kita tidak ingin itu terlambat sebab, bila hal itu terjadi, Tapanuli Utara (Taput) akan di finalti. Desa yang telah menyelesaikan persyaratan, dana desanya akan segera dicairkan. Pencairan tidak perlu menunggu seluruh kecamatan selesai.

Penegasan itu, dikatakan bupati Taput Drs Nikson Nababan kepada Pers belum lama ini. Tentang, ada kendala masa tugas pendamping desa yang telah habis, demikian juga pendamping tehnik, bila dibiarkan akan menjadi penghambat pencairan dana desa, tutur Nikson sambil menambahkan pula, akan mengeluarkan Surat Keputusan (SK) bupati sebagai turunan dari Perbub (Peraturan Bupati) No.11 Tahun 2016 tentang, pedoman tehnis kegiatan desa didanai, dana desa kabupaten Taput TA 2016.

Dalam Perbub bab III pasal 3 point (3) dan bab VII pasal 12, adanya kemungkinan solusi untuk pendamping desa. Membantu TPK desa, melalui SK bupati, akan tunjuk tenaga tehnik dan direkomendasasikan eks PNPM yang punya sertifikasi dibidang tehnik serta mengetahui betul fisik, ujar Nikson.

Kepala Bapemas dan Pemdes Taput, Eliston Tobing dihubungi secara terpisah menjawab Pers yang menghubunginya secara terpisah, mengakui saat ini masa bakti pendamping desa mau pun tenaga tehnik telah berakhir. Menurut Eliston, dari 44 pendamping desa, 27 orang sudah habis masa tugasnya serta semua tenaga tehnik sebanyak 11 orang juga sudah selesai masa tugasnya. Hal itu termasuk menjadi kendala dalam penyusunan APBDes serta Perdes, katanya.

Sementara sebaliknya, pendamping desa yang dinyatakan baru lulus, belum punya legalitas. Perengkrutan pendamping tenaga tehnik hanya dua orang yang lulus tahap pertama. Bupati sebaiknya mencari solusi, agar dana desa segera diselesaikan menunjuk eks PNPM yang sudah matang dan punya sertifikasi melalui SK Bupati, harap Eliston.

Masih menurut Eliston, harapan kita, pertengahan Juni dana desa telah cair untuk semester I, bila dihitung tahapanya, Taput belum terlambat dalam proses. Petunjuk bupati, demikian Eliston, desa yang telah menyelesaikan persyaratan pencairan dana desa akan dicairkan terlebih dulu, tampa menunggu desa lain. (MS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *