Daerah

Fenomena IUKM dan Pajak Reklame Lingga

 

infonusantara.co.id, LINGGA – Pemerintah Kabupaten Lingga dalam mencari Pendapatan Asli Daerah (PAD), salah satu dari pajak reklame. Waktu Surat Izin Tempat Usaha (SITU) masih diterapkan. Yang mengeluarkan surat, Dinas Perizinan Lingga. Para pengusaha membayar pajak reklame di Dinas Pendapatan Daerah Lingga.

Namun hasil pantauan Info Nusantara, SITU wajib dipajang di tempat usaha. Nyatanya kini, banyak tempat usaha tidak memajangnya. Malahan terdengar kabar, ada sebagian tak memiliki SITU.

Camat Lingga Julius di hubungi melalui ponsel mengatakan SITU sudah ditiadakan. Kini diganti dengan Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK). “Jadi para pengusaha harus memiliki izin itu,” tegasnya, baru-baru ini.

Sementara, informasi diterima, salah satu kegunaan IUMK bagi pengusaha mikro dan kecil sebagai syarat meminjam modal usaha pada bank. Surat Izin ini dikeluarkan camat setempat, tak dipungut bayaran.

Hal itu sesuai Perpres Nomor 98 Tahun 2014 dan Permendari Nomor 83 Tahun 2014. “Lalu, kenapa ingin mengurus IUMK, pengusaha mikro dan kecil harus membayar pajak reklame,” tanya seorang pengusaha ditempat berbeda.

Jadi ia menduga, Pemkab Lingga bukan membina, malahan memberatkan keuangan pengusaha mikro dan kecil, dengan dalih membayar pajak reklame, jika ingin urus IUMK. “Kami merasa keberatan,” pungkasnya. (*djoni)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker