Daerah

Gegara Dishub Natuna, KM Sabuk Nusantara 36 Sandar di Pelabuhan Penagi

NATUNA, INFO – Gegara lobi Dinas Perhubungan (Dishub) Natuna ke Kementerian Perhubungan RI, akhirnya KM Sabuk Nusantara 36 sandar di Pelabuhan Penagi, Ranai, Natuna. Namun gegara lobi itu, sangat menguntungkan penumpang asal kabupaten kepulauan perbatasan di tengah negara Asean ini.

Sebab, semula kapal penumpang dan barang itu, selalu sandar di Pelabuhan Selat Lampa, jaraknya sekitar 90 kilometer dari Kota Ranai, ibukota Kabupaten Natuna. Sehingga para penumpang datang atau berangkat menggunakan kapal milik Pelni itu, terlalu dalam merogoh koceknya.

“Dulu sandar di Pelabuhan Selat Lampa, masyarakat banyak mengeluh. Karena ongkos menuju di Selat Lampa lebih mahal. Jadi kita permudah, dengan sandar di Pelabuhan Penagi,” kata Chip Official KM Sabuk Nusantara 36, Anggir Muhamad Alfrizal pada sejumlah awak media diruang kemudi kapalnya, Sabtu 30 November 2019.

Dalam memberi keterangan pers, Anggi tidak sendiri, tampak Kepala Dishub Natuna Iskandar Dj. “Kita alih sandar dari Pelabuhan Selat Lampa ke Pelabuhan Penagi, lobi Dishub Natuna ke Kementerian,” katanya lagi, sambil menambahkan, dengan sandar di Pelabuhan Penagi, ia dengan kru juga merasa senang. Karena Pelabuhan Penagi berada di tengah kota.

Tetapi, ada sedikit kendala ketika kapalnya menyandar, mengingat minim rambu – rambu lalu lintas di laut Penagi. Ia berharap Pemerintah Kabupaten Natuna memasang rambu – rambu untuk mempermudah sandar kapal. “Kita perlu segera di pasang,” katanya.

Kepala Dishub Natuna Iskandar Dj mengaku Pemerintah Kabupaten Natuna telah mempersiapkan kekurangan rambu- rambu itu.

“Insyaallah kita akan usahakan memasang beberapa titik rambu – rambu untuk mempermudah sandar kapal di Pelabuhan Penagi”, paparnya.

Untuk tahun ini, kata Iskandar, sudah ada beberapa titik rambu – rambu laut terpasang, seperti di Kecamatan Midai, Kecamatan Subi, Kecamatan Pulau Laut, Sedanau (Kecamatan Bunguran Barat), Kecamatan Serasan dan Selat Lampa (Kecamatan Pulau Tiga). “Untuk laut Penagi, kita usahakan segera dipasang,” pungkasnya. (*andi surya)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker