Dunia

China Perkuat Armada Tempur

china3infonusantara.co.id, Beijing – Pemerintah China dilaporkan telah mengerahkan sejumlah armada militer canggih menuju Pasifik Barat. Pengerahan ini melibatkan sejumlah pesawat tempur, pembom, peringatan dini, dan pesawat pengisian bahan bakar udara.

Armada canggih itu terlihat terbang melewati Bashi Channel, yaitu daerah yang memisahkan antara Taiwan dan Filipina. Menurut keterangan dari Angkatan Udara China, pengerahan armada tempur bertujuan untuk mengadakan latihan militer.

Latihan udara ini disebut militer China sebagai hal yang terencana dan normal. Latihan ini tidak bertentangan dengan hukum dan praktek internasional. Kendati demikian, pengerahan armada militer besar-besaran ini datang saat China semakin menegaskan posisinya terkait konflik teritorial di Laut China Selatan (LCS) dan Laut China Timur (LCT).

“Langkah ini (pengerahan armada tempur) dalam rangka meningkatkan kemampuan angkatan udara untuk memenuhi kebutuhan pertahanan demi kepentingan kedaulatan nasional, melindungi keamanan nasional, dan menjamin pembangunan yang damai,” tulis pihak Angkatan Udara China, sebagaimana dilansir Straits Times, baru-baru-ini.

Dalam latihan militer kali ini, China akan berlatih melakukan alat peringatan dini dan pengisian bahan bakar. Ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan tempur udara dari jarak jauh. Selain tindakan ini, Angkatan Udara dan Laut China juga melakukan latihan tempur hingga melalui Selat Miyako, perairan antara pulau-pulau Jepang di Miyako dan Okinawa.

Akhir-akhir ini, China terus melakukan penelitian terkait peralatan militer canggih terbaru, seperti jet siluman, kapal selam, kapal induk, dan rudal antisatelit. Armada militer yang dikembangkan China ini membuat sejumlah negara di kawasan menjadi cemas, termasuk Amerika Serikat. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker