Daerah

Hanya 150 Izin Usaha Waralaba di Batam, Diluar itu Bongkar

Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad
Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad

infonusantara.co.id, Batam – Menjamurnya usaha waralaba seperti mini market Alfamart dan Indomart  di berbagai sudut Kota Batam, berimbas kepada pedagang kecil. Leni (42) pemilik kios yang sehari-hari menjual minuman ringan, jajanan di depan Mall Aviari Batu Aji, pada Info Nusantara menuturkan,  kehadiran mini market Alfa Mart dan Indomart  di samping Mall Aviari ini telah mempengaruhi penjualan kiosnya.  ”Dulu, sebelum Alfamart  dan Indomart menjamur di Batam, pedagang Kios-kios kecil di Batam, masih bisa bernafas lega, mampu menghidupi keluarga. Setelah usaha itu menjamur, hasil penjualan kami sudah sepi,” ujarnya dengan raut sedih.

Pantauan Info di lapangan, menjamurnya usaha waralaba khususnya usaha mini market  seperti Alfamart dan Indomart di Batam  terkesan ingin memonopoli usaha serupa di Kota Batam. Dimana ada Alfamart, disitu ada Indomart. Buktinya, sepanjang  simpang Bascem menuju Marina, Indomart di Perum Merlion disebelahnya ada perumahan Prima Garden ada Alfamart diseberangnya perumahan Taman Laguna ada Alfamart dan disebelah Prima Garden ada perumahan Permata Laguna ada Indomart dan Alfamart, luar bisa.

Alfamart
Alfamart

Warga Permata Laguna, Jojo (32) pada Info mengatakan menjamurnya usaha waralaba seperti Alfamart dan Indomart di Batam menunjukkan kurangnya  aturan yang ketat dari pemerintah. Mestinya, pemerintah harus tanggap terhadap semua komponen masyarakat. Khususnya mereka pedagang kecil seperti kios-kios di Batam sangat banyak, mereka harus dilindungi pemerintah. Harus ada regulasi yang jelas untuk mengatur itu, agar ekonomi masyarakat  semuanya bergerak, bukan hanya milik segelintir pemilik modal besar, imbuhnya.

Menanggapi adanya keluhan beberapa pedagang kecil khususnya pemilik kios-kios kecil di Batam, Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad, pada media menuturkan usaha waralaba  seperti minimarket Alfamart dan Indomart  dan usaha  serupa lainya, Pemerintah Kota (Pemko) Batam mengeluarkan izin sebanyak 150 izin usaha di Batam, diluar itu bongkar, ujar politisi Partai Nasdem ini tegas. “Saya dan pak wali, berusaha menciptakan bagaimana geliat ekonomi di Batam ini betul-betul bisa dinikmati semua komponen masyarakat, bukan untuk segelintir orang. Trimakasih masukan para rekan wartawan, kita serius membenahi perizinan usaha waralaba ini, “jelasnya di acara pemberian bantuan beras gratis di Kecamatan Sagulung (5/1) 2016. (Tohom)       

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker