Hari Ini Dua KIA Diledakan

IMG_20160405_071120#

infonusantara.co.id, ANAMBAS – Dua unit Kapal Ikan Asing (KIA) asal Vietnam dengan nomor lambung BD 9615 TS bobot 45 GT dan BTH 98996 TS dengan bobot 10 GT hari ini akan diledakan diperairan Anambas, sekitar pukul 10:00 Wib dengan menggunakan bom jenis TNT.

Kepala Satuan Kerja (Kasatker) Pengawas KKP Anambas, Erwin mengatakan, kalau tidak ada halangan pihaknya yang bekerjasama dengan unsur terkait seperti TNI AL akan meledakan KIA tersebut.

“Saat ini beberapa kapal mulai dari kapal patroli milik KKP, kapal konservasi KKP, kapal Napoleon, dan dibantu juga dengan KRI milik TNI AL telah stand by dipelabuhan Tarempa, ikut serta dalam proses penenggelaman KIA tersebut,” ungkap Erwin, Selasa (04/04/2016).

Erwin juga menyebutkan, nantinya peledakan KIA tersebut juga rencananya ikut hadir tamu VIP, Perwakilan dari Kementrian Kelautan dan Perikanan serta instansi vertikal.

“Direncakan tamu-tamu yang ikut dalam peledakan dua unit KIA tersebut menaiki kapal patroli KKP Hiu Macan 14 untuk melihat langsung peledakannya,” bebernya.

Seperti diketahui, dua KIA asal Vietnam tersebut merupakan tangkapan dari dua kapal patroli KKP yakni kapal Hiu Macan 3212 dan kapal Hiu Macan Tutul 04.

Dalam operasinya, KIA tersebut ketahuan menangkap ikan (ilegal fishing-red) di daerah perairan Anambas tepatnya di daerah pengeboran minyak lepas pantai pada Rabu 16 Maret kemarin.

Dalam penangkapan tersebut pihak dari kapal patroli KKP mengamankan masing-masing sebanyak 9 ABK beserta tekong kapal WNA asal Vietnam dikapal BTH 98996 TS dengan bobot 10 GT yang ditangkap oleh kapal Hiu 3212.

Dan juga mengamanan sebanyak 12 ABK beserta Tekong yang juga WNA asal Vietnam di KIA dengan nomor lambung BD 96153 TS bobot 45 GT yang ditangkap oleh kapal Hiu Macan Tutul 02. (Ira) Dua unit KIA asal Vietnam yang akan diledakan pada hari ini. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *