Kriminal

Jaksa Masuk Sekolah Berikan Pemahaman dan Penyuluhan Hukum Kepada Siswa

Jaksa Masuk Sekolahinfonusantara.co.id, Tanjung Batu – Agar lebih memberikan pemahaman akan pentingnya prilaku didalam mentaati Peraturan dan ketentuan hukum yang berlaku di NKRI kepada para siswa generasi penerus estafet kepemimpinan bangsa, merupakan tanggung-jawab Kita asemua, dan bukan hanya keberadaan guru disekolah saja.

Untuk itu Kejaksaan Negeri Cabang Tanjung Balai Karimun di Tanjung Batu merasa ikut bertanggung-jawab dan melakukan program penerangan hukum dan penyuluhan hukum kepada generasi muda penerus kepemimpinan bangsa.

Masuk sekolah dan bertatap-muka langsung serta memberikan pemahaman hukum jelas merupakan langkah awal yang sangat efektif, sehingga diharapkan untuk kedepannya para siswa dapat belajar lebih memahami arti pentingnya suatu aturan hukum ditengah kehidupan warga masyarakat.

Demikian dikatakan Senopati SH selaku Ketua Panitia Pelaksana Acara beberapa hari yang lalu di Gedung Balai Sri gading Tanjung batu Kundur, menurut Senopati, acara terselenggara merupakan program rutin tahunan kejaksaan Negeri Tanjung Balai Karimun, dan untuk tahun ini pelaksanaannya sengaja dilakukan di Tanjung Batu Kundur.

Hadir didalam acara Jaksa masuk Sekolah Kacabjari Tanjung Batu Kundur Filpan Fajar Dermawan Laia SH MH, Kapolsek Kundur Kompol Ely Nazaruddin, Camat Kundur Sukari serta para undangan.

Menurut Kacabjari Tanjung Batu Kundur Filpan didalam kata sambutan dan pemaparan pemahaman tentang arti keberadaan Jaksa dihadapan para siswa mengemukakan, Kejaksaan adalah Lembaga Pemerintah Yang melaksanakan Kekuasaan Negara dibidang Penuntutan serta Kewenangan lain berdasarkan Undang-Undang. Hal ini terdapat didalam pasal 2 ayat ( 1 ) UU No.16/ 2004.

Sementara yang menjadi tugas dan wewenang Kejaksaan dibidang Pidana yaitu, melakukan penuntutan, melaksanakan penetapan hakim dan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan putusan pidana bersyarat, putusan pidana pengawasan dan keputusan lepas bersyarat, melakukan penyidikan terhadap tindak pidana tertentu berdasarkan Undang-undang, melengkapi berkas perkara tertentu dan untuk itu dapat melakukan pemeriksaan tambahan sebelum dilimpahkan kepengadilan yang dalam pelaksanaannya dikoordinasikan dengan penyidik, sementara dibidan Perdata dan Tata Usaha Negara dengan Kuasa Khusus dapat bertindak baik di dalam maupun diluar Pengadilan untuk dan atas Nama Negara atau Pemerintah kata Filpan.

Sementara dibidang ketertiban dan ketentraman umum keberadaan Jaksa, turut menyelenggarakan kegiatan, meningkatkan kesadaran hukum masyarakat, pengamanan kebijakan penegakan hukum, pengawasan peredaran barang cetakan, pengawasan aliran kepercayaan yang dapat membahayakan masyarakat dan Negara, pencegahan penyalahgunaan dan atau penodaan agama, penelitian dan pengembangan hukum serta statistik kriminal jelas Filpan.

Lebih jauh menurut Filpan, sangat dihimbau kepada adik-adik pelajar untuk mengetahui banyak hal akan pentingnya penegakan hukum, dan berhati-hati didalam pergaulan keseharian, jauhi segala bentuk obat-obatan yang berbau narkoba dan hindari minuman keras serta perkelahian karena kesemuanya itu merupakan celah masuknya sanksi Hukum didalam penegakan peratuan ujar Filpan.

Ditempat yang sama Camat Kundur Sukari SH didalam kata sambutannya mengemukakan, ucapan terimakasih kepada Kejaksaan Negeri Karimun Cabang Tanjung Batu, yang sangat ambil peduli dengan melakukan program rutin tahunan, turun langsung memberikan pembelajaran kepada para siswa generasi penerus bangsa, semoga apa yang telah dipaparkan oleh bapak-bapak dari Kejaksaan dapat lebih menambah wawasan dan pemahaman kepada para pelajar untuk dapat berprilaku positif didalam keseharian, dan yang lebih terpenting dapat menjadi “perpanjangan lidah” menyampaikan kembali kepada siswa lain yang kebetulan tidak ikut menghadiri acara Jaksa masuk Sekolah yang dilaksanakan oleh pihak Kejaksaan ucap Sukari. (Iemron)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker