Breaking NEWS
19 April 2018

Jalan Desa Pardomuan Nauli Adiankoting Rusak Berat, Butuh Perhatian

 

ADIANKOTING,INFO-Pembangunan yang dilakukan selama kepemimpinan bupati dan wakil bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan-DR Mauliate Simorangkir, boleh dibilang cukup pesat.

Hanya saja, di beberapa daerah lainnya, ada kalangan masyarakat menilai masih belum merata dan terkesdan seperti dianak tirikan atau terlupakan.

Hal ini dijelaskan Parasian Simanungkalit, salah satu warga desa Pardomuan Nauli Kecamatan Adian Koting kabupaten Tapanuli Utara yang sudah lama menetap di kota Batam.

Parasian Simanungkalit yang mudik saat liburan Natal dan tahun baru lalu ke ‘bona pasogitnya’ desa Pardomuan Nauli Adian Koting menjelaskan,  sangat prihatin melihat kondisi jalan yang dilalui dari Pancurbatu kecamatan Adiankoting menuju kampungnya desa Pardomuan Nauli.

Ia menyebut, seperti desanya luput dari perhatian pemerintah, sementara kawasan lainnya di Tapanuli Utara sudah beraspal hotmix.  Sebaliknya jalan ke desanya masih berlobang-lobang dan jika hujan turun air menggenang hingga berlumpur.

Dijelaskannya, sebenarnya pernah ada dana dari pemerintah untuk memperbaiki jalan tersebut sebesar Rp700 juta.

Namun karena panjang jalan 18 km, tentu dana sebesar itu tidak mencukupi, sehingga jalan tersebut kini kondisinya sangat memprihatinkan.

Parasian menyebut, jalan yang rusak parah itu sepanjang 18 km terhitung mulai dari Pancurbatu hingga ke desanya Pardomuan Nauli. Menurutnya, warga disana berharap agar pemerintah memperhatikan kondisi jalan yang rusak parah saat ini.

Sebabnya, jika kondisi jalan seperti saat ini dibiarkan, maka akan menyulitkan angkutan hasil-hasil pertanian dari daerah itu.

Beberapa komoditi seperti kemenyan, beras termasuk  sentra hasil utama dari desa tersebut.  Tak lupa juga Parasian mengajak perantau yang berasal dari desa Pardomuan Nauli dan kecamatan Adiankoting umumnya agar memperhatikan kondisi jalan yang ada saat ini.

Pemerintah juga diharapkan dalam hal ini Camat Kecamatan Adiankoting maupun bupati Tapanuli Utara dapat melihat kondisi jalan tersebut. (dusi)