Olahraga

Jangan Olahraga Tiap Hari

Perlu Regenerasi Sel, Dipaksa Akan Cedera

GEMAR olahraga bukan berarti harus dilakukan tiap hari. Tubuh juga perlu istirahat bukan hanya dengan tidur, tapi istirahat juga berarti bebas dari beban latihan. Istirahat berfungsi agar sel rusak selama olahraga dapat tergantikan dengan yang baru.

Olahraga berlebihan hasilnya tidak akan baik. Menurut dr Sonny Gosal AIFO (dokter kesehatan olahraga), saat olahraga ada sel-sel tubuh yang rusak. Jika olahraga dilakukan nonstop justru tidak baik untuk kesehatan. “Tubuh jadi kehilangan masa-masa perbaikan sel. Bukannya mendapatkan kebugaran justru tubuh jadi sakit dan bisa cedera,” ungkapnya.

Tubuh memiliki masa recovery, yaitu masa tubuh untuk memperbaiki sel-sel yang rusak ketika olahraga dan mengganti dengan sel baru. Rentang waktunya adalah satu hari setelah olahraga. Idealnya untuk menjaga kebugaran tubuh, olahraga dilakukan tiga hari dalam satu minggu. “Kecuali atlet, lima kali dalam seminggu karena ada target yang harus dicapai,” beber Sonny.

Dengan memberikan waktu bagi tubuh untuk istirahat dari latihan menjadikan hasil latihan justru lebih maksimal. “Hari istirahat tersebut dapat diisi dengan tidur cukup, konsumsi makanan yang kaya akan nutrisi. Hal itu berguna untuk pembentukan sel-sel yang baru,” ungkapnya.

Terutama pada latihan beban yang kadang memaksa otot untuk bekerja keras. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya protein dapat membantu membentuk masa otot. (int)

Tags

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker