Breaking NEWS
22 August 2019

Kembali, Bakesbangpol Lingga Gelar Sarasehan Antar Etnis

 

infonusantara.co.id, LINGGA – Kembali, Bakesbangpol Lingga menggelar Sarasehan Antar Etnis. Kemarin di gelar di Kecamatan Selayar dan Lingga Timur, kini di Lingga Utara. Sarasehan di Lingga Utara, bertempat di Hotel Winner, Pancur, Sabtu 9 Februari 2019.

“Sarasehan Antar Etnis, kita menyamakan persepsi, dalam pelaksanaan Pemilihan Umum Legislatif dan Presiden, April mendatang,” sambutan Kepala Bakesbangpol Lingga Armia. “Kita harus membuat suasana kondusif dan aman, demi kemajuan pembangunan Lingga kedepan.”

Pemilihan umum, menurutnya, sebuah pesta demokrasi. Harus di ikuti dengan kegembiraan, bukan saling salah menyalahkan. Karena Indonesia sebuah negara demokrasi. Yang tetap menghargai perbedaan dalam menentukan pilihan.

“Jangan gara-gara beda pilihan, kita bertengkar, tak bertegur sapa dan sebagainya,” harap Armia. “Kita semua bersaudara, beda pilihan itu biasa dalam era demokrasi,” ulangnya lagi.

Sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Kabupaten Lingga, tambah Armia, Bakesbangpol berkewajiban melakukan sosialisasi, dengan program menertibkan Ancaman Tantangan Hambatan Gangguan (ATHG) dalam pemilihan umum nanti.

“Kita harus hindari gangguan terhadap perbedaan Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA),” tegasnya. “Jadikan wilayah kita selalu aman dan kondusif dari gangguan apapun, khusus perbedaan pilihan dalam pileg maupun pilpres pada April 2019.”

Wakil Bupati Lingga M Nizar dalam sambutan berpesan, masyarakat harus terus menjaga keharmonisan antar sesama. Seandai terjadi permasalahan, agar dapat diselesaikan dengan musyawarah.

“Kita hidup di Tanah Melayu,” kata orang nomor dua di kabupaten Bunda Tanah Melayu ini. “Rasa persaudaraan dan gotong royong, merupakan tradisi tak terpisahkan sejak zaman leluhur kita.”

Kepala Perikanan Lingga Kasiman menuturkan ada tiga kategori konflik biasa dialami masyarakat Lingga, yaitu: masalah nelayan, minyak, dan pukat. Masalah terakhir ini, Kasiman menegaskan, “Kita harus segera atasi bersama.”

Sementara, dalam acara Sarasehan, tamu undangan hadir cukup ramai, antara lain, Kabid Perizinan Provinsi Kepri Joni Hendra, Camat Lingga Utara Muslim, Lurah Pancur Sepi Nugraha dan Kabag Organisasi Setda Lingga Galung. (*djoni )

336x280ad