Kemungkinan Tito Karnavian dilantik jadi Kapolri 12 Juli

Badrodin Haiti
Badrodin Haiti

infonusantara.co.id, Jakarta – Setelah dinyatakan lolos uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test di DPR, calon tunggal Kapolri Komjen (Pol) Tito Karnavian akan segera dilantik dalam waktu dekat. Rencananya, pelantikan bakal digelar pada tanggal 12 Juli mendatang. “Nanti abis Lebaran, kalau enggak salah tanggal 12 Juli siang,” kata Kapolri Jenderal (Pol) Badrodin Haiti saat dihubungi wartawan, Jakarta Sabtu (2/7).

Usai Tito resmi memegang tongkat Tribarata-1, Badrodin akan langsung menanggalkan tahtanya sebagai orang nomor satu di Polri. “Begitu dilantik, saya sudah enggak bertugas,” kata dia.

Diketahui, Komjen Pol Tito Karnavian yang saat ini masih menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dinyatakan lolos dalam uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri di DPR. Perjalanan Tito menuju kursi Korps Bhayangkara 1 berjalan cukup mulus.

Hampir semua anggota legislatif khususnya di Komisi III setuju atau mendukung Tito memimpin Polri menggantikan Badrodin yang sudah memasuki masa pensiun. Tito dianggap layak dan berkompeten memimpin Polri ketimbang perwira tinggi (Pati) lain yang diajukan Kompolnas dan internal Polri kepada Presiden Jokowi. (KM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *