Daerah

Ketua Forum KUB Mina Batam Madani Bertekad Memajukan Nelayan

Mansar
Mansar

infonusantara.co.id, Batam – Forum Koperasi Usaha Bersama Mina Batam Madani (FKUB MBM) Kota Batam, merupakan salah satu wadah nelayan yang berada di berbagai daerah Kota Batam. Wadah tersebut dibentuk untuk mengkoordinir para nelayan yang tergabung dalam anggota FKUB MBM. Dengan adanya terbentuk forum ini diharapkan dapat memajukan serta mensejahterakan para nelayan itu sendiri. Nelayan Batam

Ketua FKUB MBM Kota Batam Mansar saat bertemu di kantor Dinas KP2K Kota Batam Jumat (05/08) lalu mengatakan, ia selaku Ketua FKUB MBM ke depan akan lebih bertekad untuk memajukan para nelayan. “Program kita yang terpenting yaitu berusaha untuk memajukan para nelayan dan hal ini merupakan salah satu tekad kita. Kami nelayan ini dibina oleh dewan pembina dari Dinas KP2K Kota Batam. Menyangkut masalah sarana pendukung yang dibutuhkan oleh para nelayan saat ini sudah lengkap. Adapun jumlah anggota nelayan yang bergabung dalam forum ini sudah berjumlah 6251 anggota, terdiri dari 400 lebih kelompok,” kata Mansar.

Selanjutnya ia menyebut, untuk mempermudah nelayan dalam segi pelayanan dalam waktu dekat ini, setiap anggota nelayan akan mendapatkan kartu nelayan pintar. Dalam acara lounching pemberian kartu nelayan pintar tersebut akan berlangsung pada tanggal 13 Agustus mendatang dan direncanakan dihadiri oleh 3 menteri dan juga dihadiri oleh Gubernur Bank Indonesia. “Pemberian kartu nelayan pintar itu pada tahap pertama ini, nantinya akan diberikan kepada peserta 1000 orang anggota nelayan. Sedangkan menyangkut kelompok nelayan yang terbesar adalah di daerah hinterland yaitu sebanyak 70 persen, sedangkan nelayan main land hanya sekitar 30 persen,” ujarnya.

Menurut Mansar, adapun kegunaan kartu nelayan pintar itu, nantinya bisa digunakan pada setiap mall-mall serta semua bank-bank. Jadi sementara ini mereka minta tempo 6 bulan untuk keloberasi. “Jadi manfaatnya, para nelayan tak perlu menggunakan uang tunai lagi, baik itu di mall-mall maupun menyangkut keperluan BBM. Jadi kartu nelayan pintar itu sangat membantu para nelayan, karena mereka yang tinggal di pulau-pulau tak perlu lagi harus ke Batam. Jadi sangat membantu nelayan baik dari segi waktu dan biaya, tentu akan lebih irit. Untuk mempermudah para nelayan itu, nantinya di pulau-pulau ada beberapa cabang agen bealing,” jelasnya.

Ketika disinggung tentang bantuan yang diberikan pihak pemerintah kepada FKUB MBM, Mansar mengatakan bantuan pihak pemerintah selama ini sudah cukup banyak. “Selama ini bantuan pemerintah sudah cukup banyak, seperti kapal nelayan sebanyak 17 unit yang 30 GT, alat-alat tangkap serta berbagai kebutuhan tangkap lainnya. Kita harapkan ke depan para nelayan itu dapat bekerja semaksimal mungkin untuk meningkatkan kebutuhan masyarakat, sehingga dapat lebih maju serta lebih sejahtera ke depannya,” tandasnya. (Manser)  

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker