Breaking NEWS
22 August 2019

Ketua PKK Kota Langsa Minta Semua Pihak Dukung Pencanangan Pemberian Vitamin A Pada Balita

 

infonusantara.co.id, LANGSA – Ketua Tim Penggerak PKK Kota Langsa Nadia Anwar meminta semua pihak mendukung pencanangan pemberian Vitamin A pada balita. Hal itu disampaikannya saat membuka acara Pencanangan Pemberian Vitamin A dan Pemantauan Status Gizi pada Balita yang berlangsung di Komplek Perkantoran Geuchik Gampong Daulat, Rabu 7 Agustus 2019.

“Saya berharap pencanangan ini, dapat meningkatkan motivasi stakeholders memberikan kesehatan secara merata kepada bayi atau balita di Kota Langsa,” terang istri Walikota Langsa itu.

Menurut Nadia, Vitamin A merupakan zat gizi terpenting bagi manusia. Zat gizi ini tidak dapat dibuat oleh tubuh. Harus dipenuhi dari luar. Makanan sumber Vitamin A sebagian besar berasal dari hewani, dan beberapa nabati terutama sayur-sayuran berwarna, seperti: wortel, bayam, kol, semangka, melon, pepaya, mangga, tomat dan kacang polong.

Disamping dari produk alami, Vitamin A juga dapat berasal dari hasil rekayasa yang diperkaya pada beberapa bahan pangan, seperti: dalam minyak goreng, margarin dan susu. Selain itu ada satu sumber Vitamin A sangat potensial dan dapat mencukupi seluruh kebutuhan tubuh, khusus pada bayi atau balita, yaitu suplementasi Vitamin A melalui pemberian kapsul.

Vitamin A, lanjutnya, sangat penting bagi kesehatan mata dan mencegah kebutaan. Yang lebih penting, Vitamin A dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Anak yang cukup mendapat Vitamin A akan menjadi lebih kebal dan apabila terkena diare, campak atau penyakit infeksi lain, tidak mudah menjadi parah sehingga tidak membahayakan jiwanya.

“Penelitian di berbagai negara menunjukkan, pemberian suplementasi kapsul Vitamin A sebanyak 2 kali setahun pada balita merupakan salah satu intervensi kesehatan berdaya tinggi bagi pencegahan kekurangan Vitamin A dan kebutaan serta penurunan kejadian kesakitan dan kematian pada balita,” imbuhnya.

Kepala UPTD Puskesmas Langsa Kota Muhammad Yusus Akbar meminta kepada para ibu-ibu yang memiliki bayi agar dapat memanfaatkan Posyandu atau Puskesmas untuk memberikan vitamin A dan memantau tumbuh kembang anak, sehingga dapat mengetahui status gizi untuk dapat mencegah terjadinya stunting. “Jangan malas menjaga kesehatan anak,” pesannya. (*bachruny sitompul)

336x280ad