Ketua KPK: MA Gaji Besar Korupsi Besar Juga

Ketua KPK Agus Rahardjo
Ketua KPK Agus Rahardjo

infonusantara.co.id, Jakarta –  Pemberantasan Korupsi (KPK) pertanyakan pekerja di bawah naungan nama Mahkamah Agung (MA) yang rata-rata memiliki gaji besar. Namun itu tidak menjamin integgritas tinggi pasalnya sudah banyak fakta korupsi subur di MA.

“Satu kalau dari sisi pendapatan gaji rasanya dengan kemampuan negara hari ini rasanya (MA) sudah cukup. Tapi kok mereka masih melakukan itu,” ujar Ketua KPK Agus Rahardjo di Jakarta, Kamis (26/5).

Ia heran dengan prilaku koruptif oknum di MA dengan penghasilan atau gaji sudah cukup besar diberikan negara. Oleh sebab itu perlu ada perbaikan atau penataan ulang sistem di MA untuk cegah kerakusan terus meluas. “Itu berarti kan mengenai rekrutmen hakim, mengenai rotasi,mutasi. Mengenai penanganan perkara yang harus lebih transparan. Itu kan penting ya kan,” katanya.

Menurut Agus, banyaknya hakim yang terungkap lakukan korupsi merupakan sial besar dari prilaku pelaku peradilan. Itu dianalogikan sebagai puncak gunung es yang mengidentifikasi prilaku sama dilakukan banyak orang yang bekerja di MA. “Kalau kejadian seperti itu kan seperti kita bilang itu gunung esnya ya kan? Berarti kan banyak sekali,” ungkapnya.

Agus mengatakan membenahi MA bukan wewenang KPK untuk itu ia meminta Presiden dan dewan di DPR duduk bersama membicarakan hal tersebut. “Mari kemudian teman-teman DPR ketemu dengan Presiden untuk melakukan reformasi secara mendasar di MA karena kejadiannya terlalu banyak,” ajaknya.

Pria asal Magetan itu memberi saran supaya MA didorong untuk lebih transparan dalam penanganan kasus. Itu dinilai tepat memutus rantai koruptif di MA. “Jadi bagaimana kasus setelah diputuskan kemudian segera dikethaui oleh yang berkasus, yang berperkara. Selama ini dorongannya dari luar kurang. Oleh karena itu KPK akan mencoba minta banyak pihak untuk duduk bersama membicarakan ini,” tukasnya. (Ant)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *