Politik

Megawati : Bikin Parpol Bukan Cuma untuk Kejar Kekuasaan

1infonusantara.co.id, Jakarta –Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Hj Megawati Soekarnoputri, mengatakan di era politik modern, keberadaan partai politik (parpol) adalah suatu keniscayaan sebagai pengorganisiran rakyat secara sistematis.

“Tujuan mendirikan dan membangun suatu partai politik bukanlah semata-mata mengejar kekuasaan politik, meskipun kita semua memahami kekuasaan penting sebagai sarana untuk melapangkan perjuangan dalam mensejahterakan rakyat,” kata Mega di acara Pembukaan International Conference of Asian Political Parties (ICAPP), di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (22/4).

Menurutnya, tugas dan tanggung jawab parpol adalah untuk membebaskan rakyat dari apapun yang menyebabkan ketertindasan, kemiskinan dan kebodohan. “Dengan demikian, partai bukan sekadar mesin elektoral. Bagi kita, partai adalah alat pembebasan,” tutur Mega.

Mega menerangkan, dalam konsepsi Presiden Soekarno, partai politik agar efektif dalam menciptakan kesejahteraan rakyat, haruslah memiliki disiplin dalam organisasinya. Disiplin yang dimaksud adalah disiplin ideologi, disiplin teori, disiplin gerakan, dan disiplin tindakan.

“Untuk menghadirkan kedisiplinan tersebut, di dalam suatu partai dibutuhkan pemimpin. Pemimpin yang dimaksud adalah pemimpin yang memiliki jiwa kepemimpinan, dalam arti mampu menciptakan, sekaligus menjalankan kesatuan gagasan dan aksi dalam organisasi,” kata Mega. (net)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker