Breaking NEWS
17 October 2018

Mendagri Tjahjo Kumolo: Kasus Gubernur Jambi, Tunggu Putusan Pengadilan

MENDAGRI Tjahjo Kumolo (foto istimewa)

infonusantara.co.id, BATAM – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo kunjungan kerja ke Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), Kamis 8 Februari 2018. Kunjungan kerja Tjahjo, untuk memantau pelayanan E-KTP. Di saat istirahat makan siang di Morning Bakery, Batam Centre, wartawan Info Nusantara berkesempatan mewawancarainya.

Pertanyaan wawancara seputar, maraknya pejabat daerah di Indonesia tersandung dugaan tindak pidana korupsi. “Kita sangat prihatin melihat fenomena itu,” kata Tjahjo. “Padahal sejak awal Pak Jokowi dilantik menjadi Presiden, sudah mengingatkan seluruh aparatur negara agar selalu mentaati aturan hukum.”

Menurut Tjahjo, dalam aturan hukum atau undang-undang sangat jelas, tindak pidana korupsi perbuatan tercela. Kenapa masih juga oknum-oknum aparatur itu tetap lakukan? “Sekali lagi saya katakan, saya sangat prihatin,” terangnya. “Perbuatan itu, jangan di contoh aparatur lainnya.”

Lalu, bagaimana kasus dugaan korupsi Gubernur Jambi Zumi Zola, di tetapkan KPK sebagai tersangka gratifikasi, kini viral di media massa? Tjahjo menuturkan, dalam kasus itu, masih menunggu proses hukum di pengadilan.

Jika ditetapkan bersalah, baru ditunjuk Pelaksana Tugas (PLT) Gubernur Jambi. “Di hukum, ada aturan praduga tak bersalah,” katanya. “Selama belum ada kekuatan hukum tetap dari pengadilan, kita belum bisa menunjuk PLT-nya.”

Sementara dalam kunker Tjahjo di Kota Batam didampingi Walikota Batam HM Rudi, dan anggota DPD RI Daerah Pemilihan Kepri H Slamet Hadi Hood. Mendagri dijadwalkan akan pulang ke Jakarta sore harinya. (*dungo simanungkalit)