Ombak 5 Meter Hantam Tugboat Cakra Lima Di Depan Karimun Anak

; Tim penyelamat dari Lanal, Basarnas dan KSOP Tanjungbalai Karimun sedang mengevakuasi 6 awak kapal.
; Tim penyelamat dari Lanal, Basarnas dan KSOP Tanjungbalai Karimun sedang mengevakuasi 6 awak kapal.
Tim penyelamat dari Lanal, Basarnas dan KSOP Tanjungbalai Karimun sedang mengevakuasi 6 awak kapal.

infonusantara.co.id, Karimun – Kapal Tugboat Cakra Lima, penarik tongkang tanpa muatan tenggelam di perairan Karimun Anak, Jumat (15/7) sekitar pukul 10.30 WIB. Tak ada korban jiwa dalam insiden itu. Namun, semua awak kapal termasuk nakhoda dalam kondisi shock atau trauma berat. Mereka berhasil dievakuasi oleh tim penyelamat dari Lanal, Basarnas dan KSOP Tanjungbalai Karimun.

Tenggelamnya kapal tersebut diduga akibat cuaca buruk dan gelombang setinggi sekitar lima (5) meter yang menghantam kapal. Karena tak kuat menerima hantaman gelombang, kapal tersebut menjadi oleng hingga kehilangan keseimbangan. Sebelum tenggelam, seluruh awak kapal berhasil melompat ke laut dan menaiki tongkang yang mengapung.

Para awak kapal berusaha meminta bantuan kepada kapal yang melewati lokasi kejadian. Laporan adanya kapal tenggelam akhirnya sampai ke Pangkalan TNI AL Tanjungbalai Karimun sekitar pukul 13.00 WIB. Komandan Lanal Tanjungbalai Karimun Letkol Laut (P) Bina Irawan Marpaung, saat itu juga langsung memerintahkan timnya bersama Basarnas dan KSOP turun ke lokasi kejadian.

“Kami menerima laporan tenggelamnya kapal tersebut sekitar pukul 13.00 WIB seusai shalat Jumat dari Posal yang berada di Takong Hiu. Begitu mendapat laporan itu, kami langsung berkoordinasi dengan Basarnas dan KSOP,” ungkap Letkol Laut (P) Bina Irawan Marpaung di Pelabuhan Domestik Tanjungbalai Karimun, kemarin sore.

; Tim penyelamat dari Lanal, Basarnas dan KSOP Tanjungbalai Karimun sedang mengevakuasi 6 awak kapal..Awalnya, kata Danlanal, pihaknya hanya mendapat informasi adanya tongkang yang tenggelam di sekitar perairan Takong Hiu.Namun begitu tim penyelamat sampai di lokasi kejadian, ternyata yang tenggelam adalah kapal tugboat penarik tongkang tersebut, sementara tongkangnya masih mengapung di laut.

Dijelaskan, diatas tongkang yang mengapung itu terlihat awak kapal Tugboat Cakra Lima yang tenggelam , yakni 1 orang nahkoda dan 5 anak buah kapal (ABK). Semua awak kapal dinyatakan selamat. Hanya saja, mereka terlihat panik dan trauma. Setelah diperiksa, kondisi kesehatan mereka dalam keadaan baik.

Hingga kemarin, kapal milik patroli milik KSOP Tanjungbalai Karimun masih mengawasi tongkang yang masih mengapung di laut Karimun tersebut, sementara nahkoda dan kru kapal langsung dibawa menggunakan kapal milik Lanal menuju pelabuhan domestik Karimun untuk mendapatkan perawatan medis di kantor kesehatan pelabuhan (KKP).

Terpisah, Koordinator Bansarnas Tanjungbalai Karimun M Sholeh menambahkan, pada saat dijemput oleh tim dari KSOP, Lanal dan Bansarnas keadaan mereka masih dalam keadaan trauma sehingga tidak bisa berkomentar. “Kata awak kapal, kapal mereka diduga tenggelam karena cuaca yang buruk, serta gelombang dengan tinggi 4 hingga 5 Meter,”ujarnya. (srdnb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *