Breaking NEWS
17 October 2018

Operasi Patuh Seligi 2018, Kasatlantas Gandeng Kepala KPPD Natuna

KEPALA KPPD Natuna dan Kasatlantas Polres Natuna

infonusantara.co.id, NATUNA – Operasi Patuh Seligi 2018, Kasatlantas Polres Natuna Iptu Zubaidah gandeng Kepala Kantor Pelayanan Pajak Daerah (KPPD) Natuna Alfiuzzamri. Dengan menggandeng Alfi -biasa disapa, maka Operasi Patuh semakin mempermudah masyarakat mengetahui, kenderaan bermotornya layak atau tak beroperasi di jalan raya.

Sementara, dalam operasi di fokuskan di Pos Lantas 901 Ranai, ibukota kabupaten kepulauan di tengah negara Asean ini. “Kita melaksanakan Operasi Patuh demi mengurangi angka kecelakaan di jalan raya,” kata Iptu Zubaidah, Selasa 9 Mei 2018 siang. “Serta menekan angka pelanggaran lalu lintas.”

Tujuan utama Operasi, kata perwira balok dua itu, untuk keselamatan pengendara kendaraan bermotor itu sendiri. “Tindakan kita lakukan selama operasi, secara preventif, persuasif dan penegakan hukum bagi pengendara, agar disiplin, tertib dan safety berlalu lintas,” terangnya.

Namun, selama Operasi, masih ada kenderaan terjaring, dari tak pakai helm, tak bayar pajak, serta plat kendaran dari luar daerah. “Jelas Natuna merugi, kalau kenderaan bermotor beroperasi berasal dari luar daerah,” timpal Alfi. “Bayar pajak di luar, tapi memakai fasilitas lalu lintas Natuna.”

Agar maksimal memberi pemahaman tentang syarat-syarat berkendaraan, dalam waktu dekat Alfi akan melaksanakan sosialisasi ke pulau – pulau kecamatan se-Natuna, antara lain, Midai, Serasan, Pulau Tiga dan Sedanau. “Sebelum ke pulau, saya akan mendata terlebih dahulu,” katanya.

Salah satu sosialisasi, menurut Alfi, akan memberikan manfaat program bertema: “Ayo ke Kantor Samsat.” Dalam program, pemilik kendaraan mendapat keringanan tunggakan Pokok Pajak Kenderaan Bermotor sebesar 50 persen.

Pembebasan Bea Balik Nama Kedua, atau BBN-KB2. Penghapusan sanksi administrasi atau denda pajak kenderaan. Dengan syarat, bawa E-KTP, STNK asli, BPKB asli (ganti STNK dan balik nama), foto copy KK dan mengisi formulir.

“Jika ada masyarakat kurang mengetahui cara mengisi formulir, kita siap bantu,” kata Alfi. “Asal masyarakat jangan segan-segan datang ke Samsat.” (*andi surya)