Dunia

Palestina Bantu Israel Padamkan Kebakaran Hutan

kebakaran-hutan-di-israelinfonusantara.co.id, Jerusalem –  Memasuki hari keempat kebakaran hutan terbesar di Israel sejak 2010, akhirnya otoritas setempat dibantu tim damkar mancanegara, berhasil mengatasi keganasan si jago merah. Sebelumnya, api sempat menghanguskan ribuan hektare hutan dan ratusan rumah di sejumlah kawasan di kota Haifa yang berpopulasi 250.000 jiwa itu.

Seperti dilaporkan Reuters, api yang membakar kawasan Haifa sudah berhasil dipadamkan pada Jumat siang. Tak ada korban jiwa dan korban terluka parah dalam insiden tersebut. Namun sejumlah orang dilaporkan mengalami sesak napas karena menghirup asap.

Pada kebakaran kali ini, pemerintah Israel cepat tanggap mengevakuasi 80.000 warga Israel dari sejumlah kawasan di utara Israel. Paling banyak dari kota Haifa. Selain itu, tim damkar dan peralatannya yang canggih yang dibeli Israel setelah belajar dari pengalaman kebakaran 2010 lalu, telah membuat kebakaran kali ini tak menimbulkan korban jiwa. Pada kebakaran terparah 2010 lalu, 42 orang dilaporkan tewas.

Juru bicara kepolisian Israel Micky Rosenfeld, Jumat, mengatakan, bantuan tim damkar datang dari berbagai negara, di antaranya Turki, Kroasia, Russia, Prancis, Siprus Cyprus, Turki, Yunani, dan Italia. Bahkan, Palestina pun menawarkkan bantuan yang diterima Israel.

Dilansir laman Haaretz, Palestina mengirim empat tim pemadam kebakaran. Dirjen Pertahanan Sipil Palestina Yousef Nassar mengatakan, bantuan dari palestina merupakan bagian dari kemanusian.

Pesawat Boeing-747 Supertanker milik Amerika Serikat dilaporkan sedang dalam perjalanan dan akan tiba Jumat malam waktu Israel, tetapi pejabat Israel mengatakan, pesawat tersebut tak lagi dibutuhkan karena api sudah berhasil dipadamkan. Meski di sejumlah kawasan kecil di utara Israel, yakni di Zichron Yaakov dan dekat Jerusalem masih ada kobaran api, pejabat Israel mengatakan, pesawat dari AS tak lagi dibutuhkan untuk memadamkan api tersebut. Pesawat tersebut dilaporkan mampu mengangkut 75 ton bahan pemadam kebakaran. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker