Breaking NEWS
17 October 2018

Parade Tari Kepri, Tuan Rumah Tak Juara

PARA juara Parade Tari Kepri

 

infonusantara.co.id, NATUNA – Amir -nama samaran- terlihat kecewa, Rabu malam 11 Juli 2018. Awak media itu kecewa, mendengar pengumuman, Natuna, sebagai tuan rumah Parade Tari Tingkat Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) tak meraih satu pun juara, meski nomor buncit.

Padahal Amir, dan juga ratusan masyarakat kabupaten kepulauan perbatasan di tengah negara Asean ini, sudah bela-bela pulang larut malam. Maklum, Parade Tari Kepri dilaksanakan di Pantai Kencana, Ranai itu, hingga pukul 01.00 Wib, masih berlangsung. Karena larut malam itu, akan diumumkan para pemenangnya.

Parade Tari Kepri, di ikuti para kelompok penari dari kabupaten dan kota se-Kepri, kecuali Anambas. “Larut malam, anak istri saya antar pulang ke rumah, Bang,” kata Amir. “Seandai Natuna juara satu, berita kedua akan publikasi, konsep sudah siap.”

Celakanya, gayung tak bersambut. Jangankan juara satu. Sebagai tuan rumah ajang tari bergengsi se-Kepri, di baliho terpampang di dinding panggung tertulis dilaksanakan dari Selasa 10 hingga Rabu 11 Juli 2018 itu, juara harapan, nyaris tak terdengar nama Natuna.

“Pulang dulu Bang. Juara harapan pun tak tersentuh,” terang Amir, yang telah mempublikasi berita pertama pembukaan Parade Tari Kepri. “Percuma begadang larut malam, berita kedua terkonsep, tak tahu-nya kita tak meraih satu pun juara.”

Sementara daftar Peserta Lomba Parade Tari Kepri, nomor urut 1 dari Sanggar Rampai Mahkota Kota Batam. Nomor urut 2, dari Sanggar Megad Syah Alam Kabupaten Lingga. Nomor urut 3, dari Sanggar Sirih Besar Kota Tanjungpinang. Nomor urut 4, dari Sanggar Seni Tuah Pusaka Kabupaten Bintan.

Nomor urut 5, dari Sanggar Langkadura Kabupaten Natuna. Nomor urut 6, dari Sanggar Mawar Tanjung Kabupaten Tanjung Balai Karimun. Nomor urut 7, dari Sanggar PLS Sanggam Kota Tanjungpinang. Nomor urut 8, dari Sanggar Tebing Kike Kabupaten Natuna.

Yang meraih kemenangan. Juara 1 dari Tanjungpinang. Juara 2 dari Karimun. Juara 3 dari Lingga. Juara 4 dari Bintan. Juara 5 dari Batam. “Tak tanggung-tanggung, Natuna dan Tanjungpinang turunkan dua kelompok tari,” bahasa terdengar dari beberapa warga. “Hanya Tanjungpinang menjadi pemenang. Juara umum pula.”

Dengan menjadi juara umum, kata para juri, kelompok penari asal Tanjungpinang, akan menjadi perwakilan Kepri pada acara Parade Tari Tingkat Nasional. “Semoga perwakilan Kepri, bisa meraih juara ajang Parade Tari Nasional,” doa mereka. (*andi surya)