Dunia

Pejabat Kedubes Korut Tersangka Pembunuh Kim Jong Nam

Kim Jong Nam
Kim Jong Nam

infonusantara.co.id, Kuala Lumpur – Polisi Malaysia mengidentifikasi seorang pejabat senior di Kedutaan Besar Korea Utara sebagai tersangka dalam pembunuhan Kim Jong-nam, Rabu, 22 Februari 2017. Selain itu menetapkan satu tersangka lainnya dari maskapai penerbangan Korea Utara. Seperti diberitakan media online Malaysia Kini, Kepala polisi Malaysia Khalid Abu Bakar mengatakan kedua tersangka berada di Malaysia dan telah dipanggil untuk pemeriksaan. Dia mengatakan, diplomat Korea Utara itu berpangkat sekretaris kedua di kedutaan.

Kim Jong-nam, saudara tiri yang terasing dari pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, tewas di Bandara Internasional Kuala Lumpur pekan lalu ketika ia mempersiapkan untuk naik pesawat ke Makau. Khalid mengatakan pada konferensi pers bahwa polisi “sangat percaya” empat tersangka lainnya yang melarikan diri dari Malaysia pada 13 Februari 2017, saat Jong-nam doiserang, telah tiba di ibukota Korea Utara Pyongyang.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi telah meminta Malaysia untuk memungkinkan akses konsuler kepada WNI yang ditahan pembunuhan Kim Jong-nam. Dalam sebuah pernyataan, Retno mengatakan permintaan itu disampaikan kepada Menteri Luar Negeri Anifah Aman dalam pertemuan di sela-sela ASEAN Ministerial Retreat Session di Boracay, Filipina. (PR)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker