Pembukaan Pemberdayaan Kader PKK Lingga

 

Infonusantara.co.id, LINGGA – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Lingga mengadakan kegiatan Pemberdayaan Kader PKK di Hotel Pesona Daik Lingga, Senin 17 September 2018. Pemberdayaan Kader PKK Lingga itu, untuk pelaksanaan 10 Program Pokok PKK 2018.

Sekda Lingga Juramadi Esram dalam sambutan berharap kepada peserta Pemberdayan Kader PKK supaya dapat meningkatkan perekonomian keluarga. Sehingga semua desa dapat mandiri dan menciptakan lapangan pekerjaan bagi warganya. Contoh: Desa Panggak Laut mampu buat baju olahraga sendiri.

“Desa-desa lain, harus mencontoh Desa Panggak Laut. Mampu membangun ekonomi di desanya. Semua itu luput dari keikutsertaan Tim Pengerak 10 program PKK,” kata Juramadi.

Ketua Tim Penggerak PKK Lingga Heryulita Allias Wello seharusnya menyampaikan sepatah dua patah kata, namun tidak hadir dalam acara. Sehingga Ketua Pokja II TP-PKK Lingga Noni Setiawati membacakan amanat istri orang satu di kabupaten itu.

Dalam amanat, Heryulita menyampaikan bahwa pembangunan pada hakikatnya meningkatkan kulitas hidup dan kehidupan untuk kesejahteraan masyarakat, termasuk kesejahteraan keluarga di segenap penjuru Tanah Air. Hal ini akan terwujud apabila upaya peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat dapat di laksanakan dengan baik.

Peran kader PKK dalam pembangunan tidak boleh di abaikan baik di tingkat daerah maupun di tingkat nasional, bahkan bisa di katakan sekarang ini bahwa kader PKK saat ini merupakan ujung tombak dalam melaksanakan 10 program pokok PKK.

Kader PKK sebagai mitra pemerintah daerah, khusus para ketua TP PKK desa diharapkan mampu menguasai dan segera mengiplementasikan 10 program PKK diwilayah masing – masing.
Gerakan PKK secara internàl masih menghadapi permaslahan pada sumber daya (manusia, sarana dan prasarana).

Sedangkan secara eksternal , masih ada kebijakan belum berpihak dalam pelaksanaan 10 program pokok PKK. Oleh karenanya kemitraan dengan pemerintah, pemerintah provinsi maupun kabupatan/kota perlu terus di jaga secara berkesinambungan.

Dalam kesempatan ini ia juga menghimbau kepada seluruh kepala desa agar selalu memotivasi seluruh jajaran mulai dari bawah untuk bersama – sama bekerja dalam tugas-tugas pemerintahan melaksanakan dan mengawasi pembangunan serta mewujutkan kepentingan masyarakat demi mencapai visi dan misi Lingga Terbilang 2020.

Sementara Ketua Pelaksana mengatakan, kegiatan ini berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan keluarga.

Peraturan Daerah Kabupaten Lingga Nomor 12 Tahun 2017 tentang Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Lingga 2018. Keputusan Pengguna Anggaran Nomor 33/PA/V/2018 tentang PPTK di lingkungan DPMD Lingga pada pelaksana APBD 2018.

Keputusan Kepala DPMD Lingg tentang Kegiatan Pelatihan Pemberdayaan Kader PKK dalam pelaksanaan 10 program PKK 2018. Dengan tujuan kegiatan, memahami dan mampu melaksanakan 10 program PKK yang merupakan upaya pemenuhan kebutuhan dasar untuk terwujudnya pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga bagi kader -kader PKK di Lingga.

Membentuk kader – kader PKK yang memiliki kemampuan dalam memahami dan menjalankan 10 program pokok PKK, sehingga dapat meningkatkan fungsi dan kinerja TP-PKK Kecamatan se-Kabupaten Lingga. Adapun para peserta acara sekitar 90 orang dari sembilan kecamatan di Lingga. (*djoni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *