Daerah

Pengukuhan Unit Saber Pungli Kabupaten Natuna

FB_IMG_1488181024085infonusantara.co.id, NATUNA – Pemerintah Kabupaten Natuna secara resmi mengukuhkan Unit Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli), Rabu siang 22 Februari lalu. Pengukuhan Tim Saber Pungli di Rumah Makan Sisi Basisir itu dibentuk berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016.

Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti, dalam sambutan mengatakan bahwa upaya mewujudkan pemerintahan dan pelayanan bersih dan bebas dari praktek pungutan liar, merupakan pekerjaan rumah seluruh instansi pemerintah. Hal ini menjadi perhatian, karena masih banyak jenis pungutan liar didasari ucapan terimakasih, kebijakan satuan pelayanan sampai kepada pesanan pimpinan dan berbagai modus lain yang bersifat terselubung.

Oleh karena itu, permasalahan pungutan liar harus segera diberantas, sebab harapan seluruh masyarakat agar instansi yang ada dapat menjalankan tugas sesuai peraturan dan perundang-undangan, berdasarkan tugas pokok dan fungsi menuju Negara Kesatuan Republik Indonesia sejahtera, bersih dan berwibawa.

Irwasda Polda Kepri Kombes Heru Pranoto, sebagai Ketua Pelaksana Unit Berantas Pungutan Liar Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengatakan, dengan terbentuk Unit Saber Pungli dapat membenahi atau memperbaiki pelayanan publik, dimana dalam pelaksanaan memperhatikan besar biaya dan lama waktu kepengurusan guna memberikan kepastian kepada masyarakat. Ia juga mengatakan bahwa pemberantasan pungutan liar dan korupsi bukan pekerjaan mudah,  mengingat sudah membudaya bahkan sejak Indonesia belum merdeka. Oleh karenanya harus ada komitmen dari semua pihak untuk menyikapi hal ini.

Jadi ia meminta dengan terbentuk Unit Saber Pungli di Natuna, jangan hanya sekedar seremoni belaka, tetapi harus dijadikan titik awal wujud keseriusan pemerintah dan satuan penegak hukum dalam memberantas pungutan liar. Kepada Unit Kerja Penindakan, kata Heru, “Sebelum melaksanakan tugas, terlebih dahulu dapat melakukan koordinasi dengan UPP Provinsi Kepri.” (*humas)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker