Politik

Perang Bintang calon Kapolri, Budi Waseso layak dilirik Jokowi

Kepala BNN, Komjen (Pol) Budi Waseso
Kepala BNN, Komjen (Pol) Budi Waseso

infonusantara.co.id, Jakarta – Pengamat Politik Boni Hargens melihat, dari sejumlah nama calon Kapolri yang akan menjadi pengganti Jenderal Badrodin Haiti, nama Komjen Budi Waseso dianggap jadi salah satu yang layak dipertimbangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Alasannya, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) ini dipandang sebagai figur atau sosok pembaharu di korps Bhayangkara. “Budi Waseso ini jenderal polisi yang menurut saya menjadi pembaharu persepsi publik tentang Polri,” ujar Boni dalam sebuah diskusi di kawasan Menteng, Jakarta, Jumat (3/6).

Boni berpendapat, Budi Waseso mencitrakan polisi bersih dengan kinerja yang kompeten. Apalagi selama menjadi Kabareskrim dan Kepala BNN, Budi Waseso fokus dalam menjalankan tugas. “Budi Waseso betul-betul jenderal yang tidak kaya raya lho, dan dia memang betul-betul kerja. Saya rasa dia juga tak akan memusingkan hal ini (bursa calon Kapolri) karena dia sedang sibuk dengan BNN-nya,” ujar Boni.

Terkait mekanisme pemilihan pucuk pimpinan di tubuh Polri kali ini, Boni memandang dibutuhkan pembicaraan lebih lanjut dengan Kompolnas dan pihak-pihak lainnya, sebelum usulan nama-nama yang ada diserahkan ke meja Presiden Jokowi. Sebagai garda terdepan penegakan hukum di Indonesia, Polri dinilai sebagai satu-satunya harapan, ketika publik menilai lembaga pemegak hukum lainnya seperti Kejaksaan Agung dan Mahkamah Agung belum benar-benar menjalankan reformasi dengan baik. “Saya kira perihal mekanismenya bagaimana, bisa kita bicarakan lain hari dengan Kompolnas. Karena taruhan besar penegakan hukum memang ada di tangan kepolisian. KPK sudah oke lah menurut saya. Tapi dia kan ad hoc, sementara sifatnya,” kata Boni. (km)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker