Nasional

Plt Gubsu Akui Ada Penebangan Liar di Perbukitan Kabupaten Karo

Ir. H.T Erry Nuradi
H.T Erry Nuradi

infonusantara.co.id, Medan – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumatra Utara Tengku Erry Nuradi mengakui adanya praktik penebangan hutan yang diduga liar di daerah perbukitan menuju Kabupaten Karo. Pengakuan itu disampaikan Erry Nuradi di Medan, Selasa (17/5), ketika ditanyakan tentang kemungkinan adanya pembalakan liar (illegal logging) yang menyebabkan banjir bandang di lokasi wisata air terjun Dua Warna di Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang.

Menurut Erry, pihaknya telah mengirimkan tim dari Dinas Kehutanan untuk mengecek kondisi hutan di perbukitan pascaperistiwa banjir tersebut. Dari pengecekan tersebut, ditemukan adanya penebangan hutan yang diduga ilegal di daerah perbukitan yang merupakan bagian hulu dari aliran air yang menuju kawasan Sibolangit dan Kota Medan sekitarnya. Namun, Plt Gubernur Sumut HT Erry Nuradi belum mengetahui pelaku penebangan hutan secara ilegal tersebut. “Kita tidak tahu penebangan itu dilakukan perusahaan atau masyarakat,” katanya.

Untuk itu, pihaknya meminta instansi terkait untuk mendalami aktivitas pembalakan liar tersebut untuk mengetahui kemungkinan adanya pelanggaran hukum. “Kalau berkaitan dengan pelanggaran, kita minta untuk ditindaklanjuti,” katanya.

Sebelumnya, sebanyak 22 mahasiswa yang sedang berlibur di air terjun Dua Warna, Kecamatan Sibolangit, hanyut akibat banjir yang datang tiba-tiba. Dari pencarian yang dilakukan tim gabungan, 16 orang di antaranya tewas dan jenazahnya berhasil ditemukan. Sedangkan korban hilang lainnya masih dalam pencarian. (*)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker