Presiden Lantik Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta

PROSESI pelantikan

infonusantara.co.id, JAKARTA – Presiden Joko Widodo resmi melantik Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Pelantikan keduanya digelar di Istana Negara, Senin sore 16 Oktober 2017.

Dilansir dari biro pers setpres, prosesi pelantikan disesuaikan dengan pelantikan sejumlah gubernur dan wakil gubernur lainnya. Petikan Surat Keputusan pelantikan dari Presiden diserahkan langsung Presiden Jokowi -biasa disapa- kepada keduanya di Ruang Kredensial Istana Merdeka.

PRESIDEN berjabat tangan dengan Anies

Setelah itu, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo bersama Anies dan Sandiaga melakukan prosesi kirab dengan berjalan kaki menuju tempat pelantikan di Istana Negara. Mereka diiringi pasukan kehormatan Paspampres selama berjalan menuju lokasi.

Setibanya di Istana Negara, Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur itu diambil sumpah dan dilantik berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 83/P Tahun 2017, tanggal 14 Juli 2017 tentang Pengesahan, Pemberhentian Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Masa Bhakti 2012-2017 dan Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta Masa Bhakti 2017-2022.

WAKIL Presiden berjabat dengan Anies

“Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur/wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, dan menjalankan segala undang-undang dan peraturan dengan selurus-lurusnya, serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa,” demikian Presiden memimpin pengucapan sumpah jabatan.

Setelah dilantik, keduanya akan langsung mengemban amanah sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta untuk masa jabatan 2017 sampai dengan 2022 mendatang.

PRESIDEN berjabat dengan Sandiaga

Acara pelantikan, diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dari Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo serta Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan diikuti tamu undangan.

PRESIDEN jalan kaki menuju tempat acara pelantikan

Usai memberi ucapan selamat, Presiden Jokowi didampingi Ibu Iriana dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berfoto bersama Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta baru, Anies – Sandiaga. (*andi surya)