Dunia

Rusia Tingkatkan Kemampuan Pangkalan Militer di Suriah

Kendaraan Amfibi Rusia berbaris memasuki Kapal Induk Admiral Kuznetzov
Kendaraan Amfibi Rusia berbaris memasuki Kapal Induk Admiral Kuznetzov

infonusantara.co.id, Rusia – Rusia berencana untuk meningkatkan dan memperluas Pangkalan Angkatan Laut dan Udara di Suriah. Negeri Beruang Putih ini akan memperbaiki landasan pacu kedua di Pangkalan Angkatan Udara Hmeimin dekat Latakia, serta Pangkalan Angkatan Laut Tartus.

Hal ini bertujuan untuk bisa menampung pesawat dan kapal perang berukuran besar, di antaranya kapal induk, kapal selam bertenaga nuklir dan pesawat pembom.

Sumber di Kementerian Pertahanan Rusia, seperti dikutip situs Reuters, menyebutkan, kehadiran Moskow di Laut Tengah ini untuk memperluas spektrum kehadiran dan misi di wilayah penting yang strategis.

“Pangkalan tersebut akan digunakan tidak hanya untuk memerangi terorisme, namun juga untuk mendukung berbagai misi keamanan, mulai dari menyapu ranjau hingga pertempuran melawan pembajakan di laut,” kata sumber anonim yang enggan disebutkan identitasnya itu.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengumumkan penarikan sebagian pasukan Rusia dari Suriah, di mana mereka telah membantu pasukan yang setia kepada Presiden Bashar al-Assad. Tetapi, Moskow ingin mempertahankan kehadiran permanen militer Rusia, baik di Hmeimin maupun Tartus.

Selain itu, Rusia masih akan mengerahkan sistem pertahanan darat -ke udara, S-300, dan sistem peluncur rudal pesisir, Bastion, di Tartus. Perjanjian antara Rusia dan Suriah mengenai pangkalan laut permanen di Pelabuhan Tartus, Suriah, akan berlaku untuk kurun waktu minimal selama 49 tahun.

Saat ini, Tartus merupakan satu-satunya pangkalan pendukung Angkatan Laut Rusia di Laut Tengah. Saat ini fasilitas Tartus diawaki secara eksklusif oleh warga sipil. (ym)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker