Breaking NEWS
22 September 2019

SIMPEL LAKUKAN PENYADARAN LINGKUNGAN KEPADA MASYARAKAT PASIR MBELANG, TANAH PINEM

Sumut, Infonusantara.co.id – Mahasiswa sebagai Agent of Change memiliki tanggungjawab moral untuk lebih peka terhadap permasalahan yang dialami oleh masyarakat. Permasalahan tersebut tentu tidak seragam, seperti halnya permasalahan : ekonomi, sosial, lingkungan, hukum dan lain sebagainya. Sehingga mahasiswa dengan kapasitas yang dimiliki setidaknya dapat mengurangi permasalahan yang dihadapi masyarakat.

(Keterangan Foto : SIMPEL bersama masyarakat berfoto bersama dibalai desa)

Upaya mahasiswa yang tergabung dalam organisasi SIMPEL (Solidaritas Mahasiswa Peduli Lingkungan) dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya yaitu pengabdian masyarakat dengan mencoba menuangkan segala pengetahuan yang diperoleh dari Perguruan Tinggi ataupun diskusi yang selalu terjalin didalam organisasi demi memecahkan suatu permasalahan pada masyarakat, melakukan aksi nyatanya ke desa Pasir Mbelang, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi.

Kegiatan yang bertemakan SPD (Simpel Peduli Desa) dilaksanakan selama tiga (3) hari yaitu dimulai pada hari kamis (4/4) sampai dengan minggu (7/4). Awal kegiatan mahasiswa melakukan kegiatan musyawarah kepada masyarakat (dialog interaktif) agar kehadiran komunitas SIMPEL di desa Pasir Mbelang mendapatkan dukungan dari pemerintah dan masyarakat setempat.

Setelah mendapatkan dukungan dari masyarakat, komunitas SIMPEL bersama masyarakat dan karang taruna melakukan kegiatan berupa pembuatan taman desa, kebersihan desa dan penyuluhan lingkungan. SIMPEL kembali mengadakan penyuluhan dan aksi penanaman kepada anak – anak di sekolah dasar. Kegiatan tersebut disambut baik oleh kepala sekolah SDN 038096, guru dan anak-anak yang mengikuti kegiatan dengan sangat antusias.

(Keterangan Foto : SIMPEL bersama siswa SDN 038096 akan melakukan penanaman pohon dilingkungan sekolah)

Lucas Silitonga selaku ketua SIMPEL mengapresiasi dukungan yang diberikan masyarakat dan pihak sekolah demi penyadaran akan pentingnya menjaga lingkungan agar tetap terjaga kelestariannya. Lucas menambahkan kegiatan ini akan selalu kami lakukan dan rencana kami akan membangun Rumah Baca kedepannya di Pasir Mbelang. Kehadiran komunitas SIMPEL sendiri mendapatkan apresiasi yang dukungan dari masyarakat dan pemerintahan desa Pasir Mbelang, Kecamatan Tanah Pinem. Kepala Desa Hernita Br Ginting menilai kehadiran komunitas SIMPEL sendiri dapat memberikan suatu pemahaman baru bagi masyarakat dari setiap  kegiatan yang dilakukan di desa Pasir Mbelang khususnya kesadaran terhadap pentingnya menjaga lingkungan, Hernita berharap kegiatan yang dilakukan mahasiswa komunitas SIMPEL dapat dicontoh oleh mahasiswa ataupun organisasi kemahasiswaan lainnya,  agar dapat memberikan pemahaman baru kepada masyarakat, agar masyarakat desa khususnya mengalami peningkatan dan kemandirian dalam mengatasi permasalahan yang ada didalam lingkungan masyarakat itu sendiri. (Alfonsius)

336x280ad