Daerah

Sosialisasi Kabupaten/Kota Sehat Natuna 2016

natuna-sehat2infonusantara.co.id, Ranai – Pemerintah Kabupaten Natuna melalui Dinas Kesehatan dan Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda), menggelar sosialisasi Kabupaten/Kota Sehat Natuna 2016. Sosialisasi dilaksanakan di ruang rapat utama Kantor Bupati Natuna, Rabu pagi 30 November lalu.

Asisten Pemerintahan Setda Natuna, Tasrif dalam sambutan mengatakan, pengertian dari Kabupaten/Kota Sehat, adalah kondisi suatu daerah bersih, nyaman dan aman. Dihuni penduduk melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan terintegrasi. Yang telah disepakati antara pemerintah dan masyarakat.

Sementara penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat dimaksud, untuk mewujudkan daerah Sehat melalui pemberdayaan masyarakat melalui forum difasilitasi Pemerintah Kabupaten Natuna.

Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Provinsi Kepri, Kasam Iskandar menjelaskan tentang latar belakang tercipta program Kabupaten/Kota Sehat. Karena kondisi negara masih menghadapi musibah, baik sifatnya penyakit, pencemaran, maupun bencana alam, melatarbelakangi Dinas Kesehatan ingin meningkatkan derajat kesehatan rakyat Indonesia sesuai Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2005 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2004-2009. RPJMN itu merupakan arah pembangunan nasional.

Oleh sebab itu, dalam pelaksanaannya, Departemen Kesehatan diamanatkan untuk melaksanakan pembangunan kesehatan dengan fokus peningkatan akses masyarakat berkualitas.

Di akhir sosialisasi, Kasam berharap forum telah dibentuk dapat dipergunakan secara maksimal guna mencapai tatanan Kabupaten/Kota Sehat yang terdiri dari kawasan pemukiman, sarana, prasarana umum, sarana lalu lintas, transportasi, pertambangan, hutan, industry, perkantoran, pariwisata, pangan, gizi, kehidupan masyarakat mandiri, serta kehidupan sosial yang sehat. (*humas/santi/sofian)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker