Daerah

Tahun Baru 2018, Polres – TNI Jaga Kamtibmas di Perbatasan

PEMANTAUAN persiapan pasukan

infonusantara.co.id, NATUNA – Sambut Tahun Baru 2018, Kepolisian Resor Natuna – Tentara Nasional Indonesia, dari institusi Angkatan Darat, Laut dan Udara menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat Natuna. Penjagaan Kamtibmas bersama itu, ditandai upacara sore di Pantai Kencana, Kota Ranai, ibukota kabupaten kepulauan perbatasan di tengah Negara Asean ini, Ahad sore 31 Desember 2017.

Kapolres Natuna AKBP Nugroho Dwi Karyanto, selaku inspektur upacara, mengucapkan terimakasih kepada tamu undangan telah hadir dalam Upacara Persiapan Pengamanan Tahun Baru 2018. Sebagai aparat Negara, Polri di dukung TNI dan Pemerintah Kabupaten Natuna harus senantiasa menjalankan tugas dengan baik, agar tercipta situasi aman dan kondusif pada perayaan Natal 2017, serta malam Tahun Baru 2018.

“Kami bersama dari unsur TNI dan Pemkab Natuna siap mengamankan kegiatan masyarakat ingin beribadah di gereja pada Natal kemarin,” tegas AKBP Nugroho. “Dan menyambut perayaan malam Tahun Baru 2018.”

Dalam menyambut perayaan malam Tahun Baru 2018, perwira melati dua itu, berpesan kepada panitia pelaksana agar turut bertanggungjawab, sekaligus senantiasa mengawasi kegiatan, agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan.

Sementara hadir dalam upacara, Asisten III Sekretariat Daerah Natuna Izhwar Asfawi, Komisi I DPRD Natuna Wan Sofyan, Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Tony Herdijanto, Dandim 0318 Letkol (Inf) Yusuf Rizal, Lanud Ranai Mayor Mursidi, Danden Pom Lanal Ranai Kapten Pom Iqbal, Danki C Lettu Guntur, Kadishub Natuna Iskandar DJ, Kepala Depot Pertamina Selat Lampa Ranai Mangku Ginting dan Kasatpol PP Natuna Syawal. Jumlah peserta upacara, 270 pasukan.

Perbatasan cerminan kedaulatan Negara Indonesia

Seusai upacara persiapan menyambut Tahun Baru 2018, kepada Info Nusantara, AKBP Nugroho mengucapkan rasa syukur, selama menjaga Kamtibmas, dengan giat Operasi Lilin Seligi 2017, beberapa hari lalu, berjalan aman dan nyaman. Tetapi perwira melati dua itu, tetap menghimbau agar para personil terus waspada, karena Natuna berada di perbatasan dan dikelilingi negara-negara luar.

“Natuna, salah satu dari beberapa kawasan berada di ujung tombak Negara Kesatuan Republik Indonesia,” tegasnya. “Jadi tetap di jaga ekstra, demi Marwah Bangsa dan Negara kita cintai ini.”

Sebab, kawasan perbatasan, terangnya, adalah cerminan kedaulatan negara Indonesia. Di perbatasan, awal mula masukannya paham-paham atau isu kejahatan internasional yang harus di antisipasi sedini mungkin.

“Biar pun Natuna terlihat aman dan damai, kita jangan terlena,” kata perwira yang akrab dengan awak media itu. “Kita harus terus memonitor paham-paham atau isu kejahatan internasional yang bisa masuk dan merongrong kedaulatan NKRI.”

Tidak lupa, di akhir wawancara, AKBP Nugroho mengucapkan terimakasih tidak terhingga kepada komandan dan rekan-rekan TNI di Natuna. Karena dengan antusias mendukung Polri menjaga Kamtibmas di kabupaten perbatasan ujung utara Indonesia ini.

Ucapan terimakasih juga di ucapkan kepada Pemerintah Kabupaten Natuna, serta masyarakatnya. Dengan kesolidan TNI, Polri, Pemkab dan Masyarakat, Kamtibmas Natuna selalu damai, dan diharap menuju sejahtera kedepannya.

“Kami dari prajurit Polri, TNI, Pemkab tanpa dukungan masyarakat, tidak akan mampu berbuat terbaik bagi bangsa dan negara ini,” katanya. “Apalagi di daerah perbatasan kepulauan, satu pulau ke pulau lain, di pisah lautan luas.” (*andi surya)

Tags

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker