Tingkatkan Sektor Perikanan Natuna, Jepang Berencana Kucurkan Dana Hibah

 

infonusantara.co.id, NATUNA – Demi meningkatkan sektor perikanan Natuna, Pemerintah Jepang berencana kucurkan dana hibah. Rencana itu diketahui, ketika terjadi pertemuan, antara Pemerintah Kabupaten Natuna dengan perwakilan Dubes Jepang untuk Indonesia di ruang rapat utama Kantor Bupati Natuna, Bukit Arai, Ranai, Kamis 22 Agustus 2019.

Kepala Kantor JK Jakarta, salah satu asosiasi pengusaha asal Jepang, Yamanaka memaparkan, hasil survey mereka beberapa waktu lalu, Natuna memiliki potensi perikanan sangat melimpah. Agar potensi ini menjadi nilai tambah bagi pemerintah daerah maupun masyarakat, diperlukan anggaran tidak sedikit.

Oleh karena itu, Pemerintah Jepang berkeinginan memberi dana hibah untuk revitalisasi pasar ikan, dan dana operasional bagi pengelola Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT) Selat Lampa. “Semoga bantuan hibah ini, meningkatkan ekonomi masyarakat nelayan tempatan,” kata Yamanaka.

Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setda Natuna Robertus Louis Stevenson dalam rapat yang ketika itu mewakili Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal, mengatakan, pada prinsipnya Pemerintah Kabupaten Natuna sangat menghargai dukungan dana hibah dari Pemerintah Jepang.

Dukungan ini bakal meningkatkan pendapatan asli daerah, serta masyarakat. “Pelaku utama potensi perikanan adalah masyarakat tempatan,” terangnya. “Jadi bantuan hibah ini, sangat berarti bagi pelaku perikanan.” (*humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *