Tiongkok Tertibkan 30 Universitas Palsu

Universitas Palsuinfonusantara.co.id, Beijing – Tiongkok tampaknya menjadi surga untuk berbagai barang dan komoditas palsu. Bahkan, tindakan pemalsuan ini pun telah meluas ke sektor pendidikan. Setidaknya, laporan Guardian, Rabu 29 Juni 2016 menyebutkan bahwa pemerintah Tiongkok memutuskan untuk mengumumkan 30 nama universitas palsu kepada publik. Hal ini dilakukan karena para pelaku penipuan tak juga jera sehingga diharapkan dengan mengungkap nama kampus palsu tersebut, warga pun akan sadar.

Adapun ke-30 universitas palsu tersebut tersebar di 12 provinsi di Tiongkok, termasuk di Beijing dan Shanghai. Sejumlah nama kampus palsu tersebut adalah Beijing Xinghua University, Beijing Foreign Affairs Studies College, Sichuan Vocational University of Technology, dan Beijing Great Wall Research and Studies Institute.

Untuk memberikan informasi lebih lengkap kepada warga agat tak terperangkap dalam kampus palsu, otoritas Tiongkok seperti dilapokan Xinhua, telah membuat laman khusus bernama sdaxue.com.

Pengelola laman tersebut, Xia Xue mengatakan, nama-nama universitas yang mencurigakan itu biasanya dikirim lewat email atau media sosial.

Biasanya trik yang digunakan para pelaku penipuan adalah memalsukan nama sebuah universitas terkenal. “Kalau trik yang dipakai seperti ini, kami mudah mengungkapnya. Yang sulit adalah kalau yang dipalsukan itu adalah lembaga kecil yang tidak terkenal,” ujar Xia. (PR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *