TMMD ke-100, Kodim 0206/Dairi Laksanakan Penyuluhan Hukum

SUASANA penyuluhan hukum

infonusantara.co.id, HUMBANG – Tentara Manunggal Membangun Desa ke 100, Kodim 0206/Dairi melaksanakan giat penyuluhan hukum, Rabu 11 Oktober 2017. Penyuluhan hukum, salah satu giat non fisik, dilaksanakan kepada 100 warga Desa Perpulungan, Kerajaan, Pakpak Barat.

Kepala Seksi Perdata dan Tata Usaha Negara (Kasidatun) Kejari Sidikalang Zulkarnain Harahap dalam penyuluhan hukum, menerangkan tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Menurut Zulkarnain, bentuk kekerasan dalam rumah tangga merupakan kekerasan fisik, psikis, seksual dan penelantaran.

Kekerasan ini terjadi dalam lingkup rumah tangga, antara lain, suami, istri, anak, pengasuhan, perwalian, punya hubungan darah, membantu dalam rumah tangga atau menetap dalam rumah tangga. Maka korban KDRT berhak mendapat perlindungan keluarga, kepolisian, kejaksaan, pengadilan, advokat, lembaga sosial, pelayanan kesehatan, pekerja sosial dan bantuan hukum. “Korban harus ditangani secara khusus,” tegasnya dilansir dari Penrem 023

Tujuan penjelasan KDRT, kata Zulkarnain, agar kehidupan dalam rumah tangga saling menghargai, sehingga tercipta keutuhan dan keharmonisan. “Saya berharap dengan penyuluhan hukum ini,” katanya. “Kita terhindar dari jerat hukum KDRT.”

Merita Boru Padang (35), ibu rumah tangga, sempat mengucapkan terima kasih kepada TNI, karena melaksanakan giat penyuluhan hukum. “Kami sangat beruntung menjadi sasaran TMMD Kodim 0206/Dairi,” katanya. “Semoga kasus KDRT tidak terjadi di desa kami.” (*charles)