Daerah

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Aceh Timur

ACEH TIMUR, INFO – Upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 91, dijadwal akan berlangsung di lapangan kantor Pemerintahan Kabupaten Aceh Timur, Senin 28 Oktober 2019. Karena cuaca kurang bersahabat, upacara di geser ke Gedung Idi Sport Centre.

Sekretaris Daerah Aceh Timur HM. Ikhsan Ahyat, sebagai pembina upacara membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olah Raga RI. Dalam amanatnya, memberi penghargaan tertinggi pada tokoh pemuda pada 1928.

Yang telah mendeklarasi Sumpah Pemuda. Sehingga menjadi pelopor Kemerdekaan Indonesia, sekaligus menjaga keutuhan NKRI. “Kita harus selalu mengingat sejarah penting itu,” kata Ikhsan.

Sementara, menurutnya, dari perkembangan zaman, dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi, menjadi dua mata pisau. Satu sisi memberi jaminan kecepatan informasi.

Sehingga generasi muda dapat meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing. Namun sisi lain, dapat membawa dampak negatif.

Karena informasi bersifat destrukif, seperti narkoba, pergaulan bebas, radikalisme dan terorisme. Jadi, kata Ikhsan, “Generasi muda harus membendung informasi negatif itu, dengan ilmu pengetahuan dan agama.”

Karena, ungkapnya, generasi muda punya karakter tangguh dapat membawa bangsa dan negara Indonesia lebih baik kedepan. Dapat atau mampu berdaya saing dikancah internasional.

“Generasi muda terdahulu sanggup keluar dari jebakan primordial suku, agama, ras, kultur, menuju persatuan dan kesatuan bangsa,” terang Ikhsan. “Maka tugas generasi muda penerus bangsa dapat menjaga persatuan itu.”

Seusai upacara, Ikhsan menyerahkan hadiah kepada para pemenang Lomba Peringatan Hari Santri, dilaksanan pada 23 Oktober lalu. (bachruny sitompul)

Editor: andi surya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker