Daerah

Wabup Aceh Tamiang Buka Peluncuran Bank Sampah

ACEH TAMIANG, INFO – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Aceh Tamiang menggelar Peluncuran Bank Sampah Induk Aceh Tamiang. Peluncuran bertema, “Dulu Sampah Sekarang Berkah” itu, terselenggara di TPA Kampung Durian, Kecamatan Rantau, Selasa kemarin.

Wakil Bupati Aceh Tamiang Tengku Insyafuddin dalam sambutan meminta masyarakat mengubah mindset, agar menganggap sampah tidak hanya sebagai limbah sisa buangan atau penghasil polusi. Namun sebagai sumberdaya dapat dikelola.

Sehingga dampaknya membuat lingkungan bersih, sehat, serta bernilai ekonomis. “Mulai hari ini, kita harus memanfaatkan keberadaan sampah ini,” papar Insyafuddin.

Cara memanfaatkan, katanya, dengan memberi pemahaman atas peluncuran Bank Sampah. Kedepan, masyarakat akan memanfaatkan sampah menjadi berkah, sesuai tema.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Aceh Tamiang Sayed Mahdi menjelaskan, Bank Sampah memiliki beberapa manfaat bagi manusia dan lingkungan hidup, seperti membuat lingkungan bersih, dan membuat sampah menjadi barang ekonomis.

Jadi di setiap kecamatan se-Aceh Tamiang akan dibentuk Bank Sampah, agar setiap masyarakat dapat mengendalikan sampah, yang dampaknya sangat berbahaya jika tidak terkelola.

“Kita harus mengubah gaya hidup di era kemajuan teknologi ini, dengan mengurangi sampah, terutama berbahan plastik,” ungkap Sayed.

Sebelumnya, Sahrial selaku Direktur Bank Sampah mendukung program dibuat Pemerintah Kabupaten Aceh Tamiang. Karena ini sejalan dengan niat bersama, agar masyarakat sadar lingkungan, terutama dengan isu permasalahan sampah secara global dan pengelolaannya yang berdampak pada generasi akan datang.

“Mari kita terapkan manajemen pengelolaan Bank Sampah, dengan dibentuk setiap kampung,” ajaknya dihadapan Wakil Ketua DPRK Aceh Tamiang Fadlon, Kepala dan Perwakilan SKPK, Camat Rantau serta sejumlah Datok Penghulu dan lainnya. (*bachruny sitompul)

Editor: andi surya

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker