WABUP : PERAN AKTIF MASYARAKAT, PENDORONG KEMAJUAN PARIWISATA NATUNA

FOTO bersama dengan tiga perwakilan turis
FOTO bersama dengan tiga perwakilan turis

infonusantara.co.id, NATUNA – Wakil Bupati Natuna Ngesti Yuni Suprapti mengakui peran aktif masyarakat, pendorong kemajuan pariwisata Natuna. Sebab tanpa peran aktif masyarakat, mustahil pariwisata suatu daerah bakal maju berkembang. Salah satu peran aktifnya, dengan membuka usaha yang bisa menyediakan kebutuhan wisatawan. Bahkan dapat menjadi atraksi menarik, tanpa pernah meninggalkan kearifan lokal, seperti agama, adat dan budaya.

“Saya rasa usaha itu, bisa menjual makanan atau minuman dari kekayaan tempatan, misal kernas, otak-otak, tabel mando, kelapa muda dan sebagainya,” terang Ngesti saat membuka acara Atraksi Kesenian Festival Wisata Bahari 2017, sekaligus buka bersama di Lapangan Voli Pantai Teluk Selahang, atau Pantai Tanjung, dihadapan dua puluhan turis mancanegara dan tamu undangan lainnya, Rabu sore 14 Juni 2017. “Sajian makanan atau minuman, dengan panorama keindahan alam, misal di Pantai Teluk Selahang.”

Namun kader Partai Golkar Natuna itu mengingatkan, keramahan tutur bahasa tetap harus dijaga, sambil menumbuh kembangkan kepedulian, membuka wawasan, serta semangat belajar sambil menjaga potensi keindahan alam dan keunikan budaya Natuna. “Kita di pemerintahan akan terus berupaya membuat program-program dengan mengundang wisatawan,” kata Ngesti. “Salah satu contoh, Festival Wisata Bahari 2017 ini.”

Festival Wisata Bahari, adalah program kerja Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Natuna pada 2017. Program ini melaksanakan Rally Kapal Wisata (Yacht) Sail Anambas to Natuna, atau berlayar dari Anambas ke Natuna. Jumlah turis hadir sebanyak 22 orang, berasal dari Australia dan Eropa. Mereka membawa 11 kapal layar mewah, berlabuh di laut Pantai Selahang, sejak beberapa hari lalu.

Sementara Atraksi Kesenian Festival Wisata Bahari terus berlangsung. Seusai sambutan mantan anggota DPRD Natuna Periode 2009 – 2014 itu, dilanjutkan atraksi tarian tradisional, pencak silat, permainan angklung, alu dan pembagian cendermata. Atraksi kesenian, dilaksanakan di depan podium, dengan hamparan karpet merah. Tamu undangan hadir, sebagian duduk di bawah tenda megah, dan sebagian diruang terbuka. Hidangan makan minum tersedia di atas sejumlah meja. Turis mancanegara berbaur bersama, tanpa canggung. Seolah-olah, turis asal Australia dan Eropa itu, tidak asing lagi, dengan masyarakat Natuna.

Hadir dalam acara, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Natuna Kolonel (P) Tony Herdjianto, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Natuna Erson Gempa Afriady, Komandan Komando Rayon Militer 01/Ranai Mayor (Inf) Hendra Gunawan, sejumlah tokoh masyarakat, pemuda dan pengusaha Natuna. Sementara Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal urung hadir, karena melaksanakan agenda Safari Ramadhan ke Kecamatan Pulau Tiga. (*andi surya)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *