Breaking NEWS
22 July 2019

WABUP: TERAPKAN NILAI KEJUJURAN PADA ANAK DIDIK

 

infonusantara.co.id, ACEH TAMIANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tamiang menggelar acara pelepasan peserta Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan Gelombang II Tahun 2019. Pelepasan peserta PPG itu, terselenggara di Aula Sekretariat Daerah Kabupaten Aceh Tamiang, Senin pagi 1 Juli 2019.

Ketua Panitia Pelaksana, Amir dalam sambutan mengatakan jumlah peserta mengikuti PPG sebanyak 106 orang. Yang terdiri dari jenjang pendidikan tingkat TK 14 orang, tingkat SD 60 orang, dan tingkat SMP 30 orang.

Keberangkatan para peserta, menjadi 5 gelombang, yaitu: 65 orang mengikuti pelatihan di UNIMED Sumatra Utara, 27 orang mengikuti pelatihan di Unsiah, 9 orang mengikuti pelatihan di Universitas Pendidikan Indonesia Bandung dan 1 orang mengikuti pelatihan di Universitas Teknologi Surabaya.

“Dari 106 peserta, rupanya yang dapat mengikuti pelatihan hanya 104 orang,” terang Kasie Bidang Pembinaan Ketenagaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Tamiang itu. “Sedangkan 2 orang tidak berangkat dikarenakan faktor keluarga.”

Amir berharap, para peserta yang mengikuti pelatihan PPG dapat kembali membawa bekal, agar dapat dikembangkan di sekolah-sekolah di Aceh Tamiang. “Nanti, saat pelatihan para peserta mendapatkan kompetnesi sosial, pribadi, pedagogi, yaitu ilmu atau seni dalam menjadi seorang guru sehingga dapat menerapkannya pada kegiatan belajar mengajar sehari-hari,” pungkasnya.

Wakil Bupati Aceh Tamiang T. Insyafuddin dalam arahan mengatakan, dalam rangka memenuhi tujuan mewujudkan masyarakat sehat, cerdas, terampil dan berprestasi di Aceh Tamiang pada 2022, ditargetkan Indeks Pembangunan Manusia Aceh Tamiang 70,88 persen.

Capaian Aceh Tamiang pada tahun ini merupakan agregasi dari tiga dimensi, seperti umur panjang, hidup sehat, pengetahuan, serta standar hidup layak. Dimensi pengetahuan diwakili indikator rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah.

Secara rata- rata, penduduk 25 tahun keatas di Aceh Tamiang telah menempuh pendidikan 8 tahun (tepatnya 8,47 tahun) atau setara dengan kelas VIII. Meski masih perlu terus ditingkatkan, harapan baru muncul.

Dalam waktu bersamaan, secara rata-rata anak berusia 7 tahun masuk ke jenjang pendidikan diharapkan mampu bersekolah hingga 12,85 tahun atau setara Diploma II. Sementara Aceh Tamiang berada di peringkat 14 dari 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh.

Orang nomor dua di Aceh Tamiang itu juga menceritakan kisah tauladan membaca. Yaitu: mengenai seorang mahasiswi Indonesia belajar di Perancis. Ia pintar, cerdas dan lulus cumlaude. Setelah lulus kuliah dia mendaftar di 3 perusahaan ternama melalui dinas Ketenagakerjaan yang ada disana.

Singkat cerita dari 3 perusahaan itu tidak satupun dia lulus. Kemudian dia mendatangi Dinas Ketenagakerjaan dan bertanya kenapa, mereka menjawab dari sistem keamanan didapati bahwa mahasiswi itu telah 3 kali tidak membayar saat menaiki kereta api yang membayarnya menggunakan system elektronik dan ada satu kali menerobos lampu merah. Bayangkan tingkat keamanan kereta api saja bisa di terobos, apalagi data-data perusahaan, itulah sebabnya mahasiswi tersebut tidak lulus.

“Negara Perancis bukan Negara Islam, namun memiliki tingkat displin yang sangat tinggi dan mengajarkan kita nilai kejujuran, sesuatu yang diawali dengan ketidakjujuran maka sampai kapanpun suatu Negara tidak akan bangkit. Oleh karena itu, jika kita menginginkan anak-anak didik yang cerdas maka tekankan nilai kejujuran di kehidupan sehari-hari,” terang beliau.

“Apapun bentuk pelatihan namun jika hati, pikiran kita tidak ikhlas, maka tidak akan berhasil tujuan pendidikan seperti yang tertera di Undang-undang dan Qanun,” lanjut beliau.

Oleh karena itu, beliau berharap dengan adanya pelatihan ini, para peserta dapat menumbuhkan semangat dalam mengikuti pelatihan ini terlepas dari segala kendala yang ada. Dengan memenuhi Standar kompetensi guru yang dapat dijadikan ukuran karakteristik guru yang dinilai kompeten secara professional sehingga dapat melahirkan anak-anak didik yang berkualitas. (*humas)

336x280ad