Dunia

WNI di Eropa Lakukan Aksi Simpatik untuk Ahok

Eropa Ahokinfonusantara.co.id, London – Warga negara Indonesia (WNI) yang ada di Eropa seperti di Inggris, Belanda, menggelar aksi simpati untuk Basuki Tjahja Purnama alias Ahok, dengan menyalakan lilin, menyanyikan lagu nasional Indonesia dan memakai busana hitam atau merah dan putih.

Aksi yang digelar di obyek wisata kota London, komedi putar raksasa London Eye dekat jam gadang “big ban,” diprakasai diaspora Indonesia yang ada di London Cathy Lelengboto bersama rekan-rekan nya yang tergabung dalam komunitas Bara JP London juga diikuti oleh warga asing.

Sementara itu aktivis Lenah Susianty, mantan wartawan BBC Indonesia menyampaikan sebagian masyarakat Indonesia yang bermukim di Britania Raya (UK) dan Irlandia Sabtu malam berkumpul di area London Eye, London, untuk menyatakan dukungan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berlandaskan pada Pancasila.

AHOK 113Menurut Lenah Susianty, mereka menyesalkan dijatuhinya hukuman penjara terhadap Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dengan menggunakan Pasal 156a. “Kami melihat keganjilan dengan digunakannya pasal penistaan agama ini oleh hakim padahal jaksa penuntut pun tidak menuntut pasal ini,” ujar Lenah.

“Kami ingin menyatakan solidaritas kami terhadap Bapak Ahok dan kami percaya bahwa Bapak Ahok tidak bersalah,” ujar Lenah dalam keterangannya kepada Antara London, Minggu.

Sementara itu malam solidaritas untuk Indonesia di Belanda digelar di beberapa kota. “Sama seperti di Indonesia, masyarakat Indonesia di Belanda juga menggelar acara bakar lilin menunjukkan keprihatinan akan situasi di tanah air,” ujar Bari Muchtar dari beritabelanda.com.

Acara yang juga disebut 1000 Lilin Untuk Indonesia itu digelar hari Sabtu pukul 20.00 di Damrak, Amsterdam. Acara serupa juga akan digelar di Den Haag dan Groningen.

Namun yang sudah pasti akan digelar juga di Utrecht.  “Kami yang jengah dan prihatin akan situasi politik dan sistem peradilan di Indonesia ingin menunjukkan dukungan terhadap saudara-saudara kita di Indonesia dengan aksi spontan: Menolak Bungkam,” demikian Rina Sitorus dalam selebaran.

Acara aksi itu antara lain diisi dengan nyanyi bersama, bakar lilin, membaca puisi dan lain-lain. Sedangkan acara di Utrecht diadakan hari Minggu di Stadshuisbrug plein, Stadhuisbrug, Utrecht.

Aksi yang digelar sebagai bentuk simpati untuk Basuki Tjahja Purnama alias Ahok, juga digelar di beberapa kota di Eropa lainnya serta di Helsinki (Finland), Frankfurt dan Bonn di Jerman, Swiss, serta di Paris, yang di prakasai Wulan Chaniago. (Ant)

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker